Wisnu HP dan Sugiri Sancoko lakukan Uluk Salam dan Umbul Do’a Ki Ageng Onggolono

oleh

Ponorogo – Portalnews Madiun Raya

Sebagai pemerhati budaya dan Creative Consultants budaya, dua tokoh di Ponorogoini melakukan kegiatan Uluk Salam dan Umbul Do’a untuk Ki Ageng Onggolono di Desa Golan, Kecamatan Sukorejo Ponorogo.

Mereka adalah Sugiri Sancoko dan Wisnu Hadi Prayitno. Dalam sambutannya, Wisnu HP, panggilan akrabnya, dia ingin melestarikan budaya sebagai bentuk mencintai leluhur yang telah berjasa di masa lalu. “Untuk itu, bersama dengan warga masyarakat, kita ingin tradisi ini berlangsung setiap tahun,” ucapnya, Senin (11/02/2019).

Kita berharap dengan do’a yang kita panjatkan, apa yang menjadi cita – cita kita bersama dapat menjadi terwujud, yaitu menjadi daerah yang subur, makmur, gemah Ripah loh jinawi, sambungnya.

“Selain itu, kegiatan ini dapat menumbuhkan nilai ekonomi masyarakat karena dengan kegiatan ini menarik wisatawan baik lokal maupun interlokal sehingga para pedagang dapat laku dagangannya, ini yang terus akan kami lakukan.” Pungkas Wisnu HP.

Sementara Sugiri Sancoko, sebagai pemerhati budaya, dirinya merasa senang dan mengapresiasi kegiatan tersebut. “Ki Ageng Onggolono dan Asengsari adalah tokoh legenda masa lalu, dengan kegiatan ini, kita sebagai penerus dapat mengetahui sejarah sekaligus mewariskan kepada keturunan kita keluhuran nenek moyang kita, kalau bukan kita yang melestarikan, siapa lagi ?”, jelasnya.

Kegiatan doa tersebut diakhiri dengan pertunjukan Reog Ponorogo. Yang unik, Wisnu HP juga ikut menari Bujangganong sekaligus melakukan atraksi salto, keren. (Yah/gin).

Pewarta : Yahya

Redaktur : Agin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *