Jelang Hari Dharma Karyadhika 2018, Rutan Ponorogo gelar Sosialisasi Narkoba dan Test Urine

oleh

Ponorogo – Portalnews Madiunraya.com
Menjelang peringatan Hari Dharma Karyadhika tahun 2018, Rumah Tahanan Kelas IIb Ponorogo menggelar berbagai kegiatan.

Salah satunya adalah sosialisasi jiwa dan bahaya narkoba kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo yang diselenggarakan di Aula Rutan Ponorogo, Kamis (04/10).

Selain itu juga diadakan Test Urine bagi 181 WBP dan 55 pegawai Rutan Ponorogo.

Menurut Taufiqul Hidayatulloh, Kepala Pelayanan Tahanan Rutan Ponorogo, pihaknya sengaja menggelar berbagai kegiatan positif menyambut Hari Dharma Karyadhika tahun 2018. ” Salah satunya adalah kegiatan ini (sosialisasi – red), WBP yang tersangkut pidana hukum Narkoba sengaja kita hadirkan sebagai peserta dalam kegiatan ini sebagai upaya mencegah mereka untuk mengkonsumsi Narkoba saat bebas nanti,” terang Taufik, panggilan akrabnya.

Selain itu, secara rutin setiap triwulan sekali, kita mengadakan test urine kepada WBP dan juga seluruh pegawai di Rutan Ponorogo ini, sambung Taufik.

“Test urine kali ini diikuti 181 WBP dan 55 Pegawai Rutan, dengan harapan mencegah penyalahgunaan Narkoba di Rutan Ponorogo,” pungkas Taufik.

Sementara menurut Anik Setyarini, Kasi Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Ponorogo menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan rutin yang digelar instansinya. “Selain sosialisasi bahaya penggunaan Narkoba, kita juga melihat kondisi kejiwaan dari para tahanan dan Napi di Rutan Ponorogo, jangan sampai mereka mengalami depresi dalam menjalani hukuman,” terang Anik.

Selain itu kita juga melakukan pemeriksaan kesehatan bagi mereka supaya tidak terjangkit penyakit seperti TBC, HIV/Aids dan penyakit yang lain termasuk melakukan test urine sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan Narkoba, sambungnya.

“Dengan kegiatan ini kita berharap kesehatan para Tahanan dan Napi di Rutan Ponorogo tetap terjaga baik kesehatan fisik maupun jiwa mereka. ” pungkas Anik.

Diakhir acara, Kepala Pelayanan Tahanan Rutan Ponorogo, Taufiqul Hidayatulloh menyatakan bahwa hasil test urine bagi 181 WBP dan 55 Pegawai Rutan semuanya negatif narkoba. “Alhamdulillah hasil test urine langsung bisa kita ketahui dengan hasil negatif untuk semuanya.”terang Taufik. (yah/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *