Kasdim 0802/Ponorogo berikan wawasan kebangsaan kepada Mahasiswa baru Unmuh Ponorogo

oleh

Ponorogo,- Portalnews Madiunraya.com

Mengawali masa perkuliahan tahun 2018-2019, Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Ponorogo memberikan pembekalan pengenalan lingkungan kampus kepada ribuan Mahasiswa baru yang dikemas dalam kegiatan Masa Ta’aruf Mahasiswa Baru (Mastamaru).

Selain sebagai media pengenalan lingkungan kampus, kegiatan Mastamaru Unmuh Ponorogo ini juga memberikan pendidikan karakter dan jiwa Nasionalisme bagi Mahasiswa baru sebelum masa efektif perkuliahan berlangsung.

Salah satu pemateri utama dalam kegiatan pendidikan karakter dan jiwa Nasionalisme bagi Mahasiswa baru Unmuh Ponorogo ini adalah Kasdim 0802/Ponorogo Mayor Inf M. Yusuf yang dijadwalkan memberikan materi wawasan kebangsaan kepada Peserta Mastamaru Unmuh Ponorogo yang dilaksanakan di Dome Unmuh Ponorogo.(05/09/2018)

Mengawali penyampaian materi dihadapan seribu lebih Mahasiswa baru Unmuh Ponorogo ini, Kasdim 0802/Ponorogo memberikan materi wawasan kebangsaan yang disampaikan dengan jelas, lugas dan mudah dipahami oleh Mahasiswa peserta Mastamaru Unmuh Ponorogo ini. Kasdim 0802/Ponorogo menuturkan bahwa, “Mahasiswa adalah salah satu komponen bangsa Indonesia yang bertugas menimba ilmu pada tingkat perguruan tinggi, untuk itu tak berlebihan kiranya bila para Mahasiswa yang ada di hadapan saya ini, saya sebut sebagai salah satu bagian penentu masa depan bangsa Indonesia,”jelas Kasdim.

Untuk itu bekal karakter dan jiwa Nasionalisme sangatlah penting untuk dimiliki, agar estafet generasi penerus bangsa ini tetap sesuai dengan cita-cita Kemerdekaan bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, sambung Kasdim.

Lebih lanjut Mayor Inf M. Yusuf menyampaikan bahwa terwujudnya bangsa Indonesia dalam bingkai NKRI tidaklah hadir secara serta merta, namun melalui kerja keras perjuangan para Pahlawan bangsa, yang diawali dengan kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda hingga Proklamasi Kemerdekaan bangsa Indonesia. “Dengan beragamnya Suku, Agama dan Ras yang ada di Indonesia ini, maka Pancasila dan UUD 1945 telah ditetapkan menjadi dasar Negara dan pandangan hidup seluruh bangsa Indonesia, untuk itu pengamalan Pancasila dan UUD 1945 sangat penting dilaksanakan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah percaturan bangsa-bangsa di dunia.” jelas Kasdim.

Mengakhiri penyampaian materi wawasan kebangsaan, Kasdim 0802/Ponorogo menghimbau para Mahasiswa Unmuh Ponorogo untuk mencermati perkembangan strategis baik dalam skala Nasional maupun regional, dimana perkembangan dinamika bangsa-bangsa di dunia yang sangat cepat sehingga kita tidak boleh ketinggalan informasi tentang kondisi potensi gangguan terhadap bangsa Indonesia. Atas dasar dinamika tersebut, para Mahasiswa Unmuh Ponorogo diharapkan dapat menjadi pelopor persatuan dan kesatuan bangsa melalui pemahaman dan pengamalan Pancasila, UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai komitmen kebangsaan yang harus kita pegang teguh secara bersama-sama.(dim0802/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *