Ternyata Jokowi pendekar Setia Hati Terate

oleh

Ponorogo – Portal Madiun Raya
Ir H Joko Widodo, Presiden ke 7 Republik Indonesia ternyata pendekar silat SH Terate.

Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang sesepuh SH Terate di Ponorogo, Anton.

Menurut Anton Brewok, panggilan akrabnya, Jokowi menjadi warga kehormatan SH Terate pada tahun 2014 yang lalu. “Beliau disahkan di padepokan Persaudaraan SH Terate pusat Madiun pada tahun 2014,” jelas Anton.

Walaupun warga kehormatan, beliau juga menguasai ilmu silat yang diajarkan oleh Persaudaraan Setia Hati Terate, terangnya.

“Inti dari PSHT adalah ilmu kanuragan dan persaudaraan yang dilandasi iman kepada Alloh SWT, unsur persaudaraan menjadi pokok utama, karena tanpa persaudaraan tidak ada kemuliaan atau bahasanya ora ono kamulyan tanpo paseduluran, ” jelas Anton Brewok.

Tidak hanya Jokowi, namun banyak pejabat di level nasional, daerah maupun lokal yang juga menjadi warga SH Terate, karena SH Terate merupakan salah satu aliran silat yang sesuai dengan kebudayaan Indonesia, jadi bisa untuk seluruh suku, agama, golongan bahkan sudah menyebar ke luar negeri, urai Anton.

“Kita berharap, silat tetap lestari sebagai kekayaan budaya selain sebagai ilmu kanuragan namun juga sebagai media pemersatu bangsa,” pungkas Anton. (yah/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *