Pimpinan beserta segenap Anggota DPRD Kabupaten Ponorogo mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H

oleh
Ucapan Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H
Ucapan Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H

Ponorogo – Portal Madiun Raya

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, 01 Syawal 1439 H, Pimpinan beserta segenap Anggota DPRD Kabupaten Ponorogo mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah yang jatuh pada hari Jum’at (15/06/2018).

Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo, Dr Ali Mufti, S.Ag, MM memiliki catatan khusus tentang Idul fitri. Umat Islam di Indonesia menjadikan Idul Fitri adalah hari raya utama, momen untuk berkumpul kembali bersama keluarga, apalagi keluarga yang karena suatu alasan, misalnya pekerjaan atau pernikahan, harus berpisah. Mulai dua minggu sebelum Idul Fitri, umat Islam di Indonesia mulai sibuk memikirkan perayaan hari raya ini, yang paling utama adalah Mudik atau Pulang Kampung, sehingga pemerintah pun memfasilitasi dengan memperbaiki jalan-jalan yang dilalui. Hari Raya Idul Fitri di Indonesia diperingati sebagai hari libur nasional, yang diperingati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang memang mayoritas Muslim. “Biasanya, penetapan Idul Fitri ditentukan oleh pemerintah, namun beberapa ormas Islam menetapkannya berbeda. Idul Fitri di Indonesia disebut dengan Lebaran, di mana sebagian besar masyarakat pulang kampung (mudik) untuk merayakannya bersama keluarga, ” jelas Ali Mufti.

Ucapan Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H
Ucapan Selamat Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H

Selama perayaan, berbagai hidangan disajikan. Hidangan yang paling populer dalam perayaan Idul Fitri di Indonesia adalah ketupat, yang memang sangat familiar di Indonesia, dan Malaysia. Bagi anak-anak, biasanya para orang tua memberikan uang raya kepada mereka. Selama perayaan, biasanya masyarakat berkunjung ke rumah-rumah tetangga ataupun saudaranya untuk bersilaturahmi, yang dikenal dengan “halal bi-halal”, memohon maaf dan keampunan kepada mereka, sambung Ali Mufti.

“Adapun ucapan yang disunnahkan olehnya adalah Taqabbalallahu minna wa minkum yang artinya “Semoga Allah menerima amal kami dan kalian” atau Taqabbalallahu minna waminkum wa ahalahullahu ‘alaik berarti “Semoga Allah menerima (amalan) dari kami dan darimu sekalian dan semoga Allah menyempurnakannya atasmu”, pungkas Ali Mufti.

Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo tersebut berencana akan mudik ke Lamongan, dimana di kota tersebut Ali Mufti berasal. (adv/yah/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *