Apa sebenarnya MUDIK itu ?

oleh

Surabaya – Portal Madiun Raya
Seminggu terakhir ini, jagat negeri Indonesia amat sangat akrab dengan kata Mudik. Ya, budaya mudik melekat dengan perayaan Idul Fitri yang merupakan hari kemenangan bagi umat Islam diseluruh penjuru dunia.

Tanpa mudik, lebaran kurang begitu berarti, itu anggapan sebagian besar di negeri ini. Untuk itu, mereka selalu berupaya untuk mensukseskan perjalanan mudiknya di hari raya.

Lalu, sebenarnya apa arti kata Mudik itu?…

Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, Mudik artinya ke udik atau kembali ke kampung halaman. Artinya arus urbanisasi di Indonesia sangatlah besar sehingga banyak penduduk yang awalnya tinggal di kampung/pedalaman beramai ramai mencari nafkah dan penghasilan di kota besar. Lalu, disaat Lebaran mereka beramai ramai pula kembali kekampungnya masing masing untuk merayakan hari raya bersama sanak keluarga.

Arti yang lain, Mudik diambil dari bahasa Jawa yaitu MUlih DIliK, yang artinya pulang sebentar atau tinggal sementara kalau bahasa inggrisnya STAY dan bukan LIVE.

Maksudnya, Mudik adalah kegiatan mengunjungi kampung halaman dalam waktu yang sebentar dan setelah mudik mereka kembali ke tempat asalnya.

Dan masih ada beberapa arti kata mudik yang melekat dengan perayaan Idul Fitri.

Apapun makna Mudik, tradisi tersebut sudah berlangsung sejak lama dan akan terus menjadi tradisi di masa yang akan datang.

Tradisi yang menahun tersebut memiliki impact di bidang sosial, ekonomi, dan politik. Tahun ini para pemudik serta netizen dihebohkan dengan hastag #tol jokowi, yang mengajak para pemudik pengguna jalan tol memilih kembali Presiden Jokowi di Pilpres 2019.

So, selamat mudik dan hati hati selalu, keluarga anda menanti di rumah. (yah/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *