Mudik Pakai Mobil ?, ini yang harus diperiksa

oleh

Jakarta – Portal Madiun Raya
Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi. Tradisi mudik setelah sepanjang tahun mencari nafkah di kota besar menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang di negeri ini.

Banyak pilihan transportasi untuk merayakan hari kemenangan di kampung halaman. Salah satunya adalah dengan mengendarai mobil pribadi.

Sebelum menempuh ratusan kilo meter jalanan menuju kampung halaman, berikut hal hal yang harus diperhatikan bagi pemudik yang menggunakan mobil pribadi.

1. Mesin Mobil
Pastikan mesin mobil anda tidak ada masalah dengan memeriksa busi dan karburator. Jika perlu lakukan tune up standar supaya mesin berjalan sempurna.

2. Oli Mesin
Oli mesin sangat penting dalam menjaga performa mesin dalan bekerja. Pastikan oli mesin anda cukup dan tidak bocor.

3. Rem
Rem merupakan pengendali mobil yang cukup vital bagi kendaraan dan keselamatan. Pastikan minyak rem, slang dan kampas rem berfungsi dengan baik.

4. Ban
Sebagai komponen utama dalam bergerak, pastikan ban anda layak jalan dengan tekanan angin yang tepat serta tidak bocor dan tidak gundul.

5. Kelengkapan
Jangan lupa kelengkapan dokumen seperti STNK, SIM dan kelengkapan seperti kotak P3K serta peralatan yang lain seperti kunci ban, dongkrak dan senter.

Demikian beberapa tips sebelum mudik. Jangan lupa pastikan kondisi anda fit dan selalu berdo’a untuk keselamatan anda. Ingat, keluarga anda menanti dirumah. .(yah/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *