Ternyata Bung Karno lahir 6 Juni di Surabaya, bukan di Blitar

oleh

Surabaya – Portal Madiun Raya

Ir Soekarno atau Bung Karno lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya. Hal ini berbeda dengan beberapa sejarah yang menyebutkan bahwa beliau lahir di Blitar.

Hal tersebut disampaikan oleh Bambang Juwono, SH, M.Hum yang merupakan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari PDI Perjuangan.

Bambang menyebutkan bahwa Ir Soekarno lahir di Surabaya. “Beliau lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya dan wafat pada 21 Juni 1970 dan di makamkan di Blitar Jawa Timur”,ujar Wakil Ketua DPD PDIP Jawa Timur bidang Kaderisasi dan ideologi tersebut.

Kita harus meluruskan sejarah, bahwa memang beliau lahir di Surabaya dan bukan di Blitar, kalau wafatnya memang dimakamkan di Blitar, sambungnya.

“Yang istimewa lagi, di bulan Juni juga, tepatnya tanggal 1 Juni beliau didepan anggota BPUPKI menyampaikan tentang konsep dasar negara yaitu Pancasila tanpa teks, dan memang Pancasila merupakan hasil perenungan beliau”,urai Bambang.

Karena banyaknya peristiwa penting di bulan Juni ini, maka Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan memperingatinya sebagai bulan Bung Karno, lanjut Bambang.

“Dengan memperingati bulan Bung Karno, PDIP ingin mengembalikan sejarah bahwa betapa pentingnya Pancasila sebagai titik temu perbedaan yang ada di Indonesia dimana Pancasila ini merupakan hasil dari ide besar salah satu founding father Bangsa Indonesia sekaligus Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu Bung Karno”,pungkas Bambang Juwono.

Lebih detail ini adalah sejarah Ir Soekarno yang diambil dari wikipedia :
Dr.(H.C.) Ir. H. Soekarno1 (ER, EYD: Sukarno, nama lahir: Koesno Sosrodihardjo) (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1901 – meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun) adalah Presiden pertama Republik Indonesia yang menjabat pada periode 1945–1967. Ia memainkan peranan penting dalam memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda.[6]:26-32 Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan ia sendiri yang menamainya. (Yah/Gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *