Puluhan Ribu Pemilih Pemula Belum Melakukan Perekaman E – KTP

oleh

Reporter : Tatang Dahono

Trenggalek – Portal Madiun Raya

Puluhan ribu pemilih pemula pilkada Jawa Timur di Kabupaten Trenggalek belum melakukan perekaman data biometrik kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP). Puluhan ribu pemilih yang belum melakukan perekaman EKTP ini, didominasi oleh pemilih pemula, yang menginjak usia 17 tahun.

Padahal pesta demokrasi pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) jawa Timur tahun 2018, kurang beberapa minggu lagi.

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Trenggalek, yang masuk sebagai pemilih pilkada Jatim tahun 2018, sejumlah 601.185 wajib KTP.

Sedangkan jumlah warga yang belum melakukan perekaman K-T-P Elektronik sebanyak 25.270 jiwa. Puluhan ribu jiwa tersebut tersebar di 14 Kecamatan yang berada di Kabupaten Trenggalek.

Menanggapi masih banyaknya calon pemilih pilkada yang belum melakukan perekaman E-KTP, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan,  Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Trenggalek, 
Ririn Eko Utoyo menerangkan, terkait kondisi tersebut pihaknya telah melakukan berbagai langkah untuk mempercepat proses perekaman.

“Salah satunya yaitu dengan sistem jemput bola ke sekolah sekolah, maupun kantor Desa”,ujarnya Senin (04/06).

Untuk menyelamatkan hak pilih dalam pilkada Jatim tahun 2018 bagi puluhan ribu warga yang belum rekaman E-KTP ini, Dispendukcapil Kabupaten Trenggalek juga akan menerbitkan surat keterangan, bahwa yang bersangkutan sudah masuk dalam data base, sambung Ririn.

“Dengan demikian warga yang belum rekaman E-KTP, bisa menggunakan hak pilihnya seperti halnya, yang sudah mempunyai E – KTP Elektronik”,pungkasnya. (Ono/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *