Komisi 4 DPRD Malang Sharing Pengelolaan Sumber Air dan Jaringan Irigasi

oleh

Reporter : Tatang Dahono

Trenggalek – Portal Madiun Raya

Kunjungan Komisi 4 DPRD Kabupaten Malang (28/5) diterima oleh Gus Wanto dari unsur pimpinan DPRD setempat.

Darmadi Ketua Komisi 4 DPRD Malang menyampaikan bahwa kedatangannya ke kabupaten Trenggalek untuk melakukan sharing tentang pengelolaan sumber air dan jaringan irigasi. “Karena ada 55 ribu Ha lahan pertanian di kabupaten Malang di tanami tebu, yang menyumbang kontribusi sebesar 10 persen produksi gula nasional”, ujarnya kepada Portal Madiun Raya.
Ditambahkannya, untuk pengelolaan sumberdaya air selain melakukan pengoptimalan sebagai sarana untuk pertanian, juga dimaksimalkan untuk pariwisata.

“Karena pembangunan, rehabilitasi dan perawatan nya sangat mahal. Maka kedatangan kita di kabupaten Trenggalek untuk sharing, barangkali ada terobosan untuk pembangunan jaringan primer dan sekunder. Dimana jaringan ini banyak digunakan oleh masyarakat kabupaten malang untuk sarana pertanian”,harap Darmadi.

Gus Wanto yang merupakan unsur pimpinan DPRD Trenggalek dalam keterangan nya menyampaikan bahwa mata air Bayong yang berada di Kecamatan Bendungan 70 persen digunakan oleh PDAM, untuk sarana air bersih bagi warga masyarakat perkotaan dan sekitarnya, sisanya untuk sarana pertanian.

“Agar pengelolaan sumber daya air bisa maksimal, pemerintah kabupaten melalui APBD, memberikan bantuan anggaran pada PDAM”, ujar Gus Wanto.

Lebih lanjut kata Gus Wanto, “Agar sarana pembangunan sumberdaya air bisa maksimal, sekarang sedang dilaksanakan pembangunan bendungan Nglinggis, yang sudah mencapai 60 persen. Bendungan ini bilamana sudah jadi, akan bermanfaat untuk sarana pengairan primer dan sekunder, dengan skala prioritas untuk ketahanan pangan”,jelasnya. (Ono/GiN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *