Job Market Fair di Ponorogo targetkan serap 2000 Tenaga Kerja

  • Bagikan

Ponorogo – Portal Madiun Raya
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur menggelar Job Market Fair tahun 2018 di UPT Pelatihan Kerja Ponorogo, Senin (14/05).

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Setiajit beserta jajarannya, Kadisnakertrans Ponorogo dan Kadisnakertrans Magetan, 35 perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan serta ribuan pencari kerja dari Ponorogo dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Kadisnakertrans Provinsi Jawa Timur, Setiajit menyatakan bahwa tema kegiatan tersebut adalah melalui Job Market Fair tahun 2018 kita dorong Peningkatan Partisipasi Dunia Industri dalam Rangka Penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka di Jawa Timur. “Tingkat pengangguran terbuka di Jawa Timur saat ini tercatat sebanyak 4% atau 838.000 orang”,ujar Setiajit.

Kita berharap kegiatan ini dapat menyerap tenaga kerja dan menurunkan tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Jawa Timur dari 4% menjadi 3,8%, sambung Setiajit.

“Kita sampaikan terima kasih kepada Bupati Ponorogo dan Magetan yang mampu menekan pengangguran di wilayahnya sehingga tingkat pengangguran terbuka jauh di bawah Provinsi Jawa Timur yaitu 3 % lebih sedikit”,lanjut Setiajit.

Disnakertrans Provinsi Jawa Timur juga menyelenggarakan kegiatan Job Fair di seluruh wilayah di Jawa Timur, dengan harapan angka pengangguran terus menurun, pungkas Setiajit.

Sementara dalam wawancaranya, Kadisnakertrans Ponorogo, HM Bedianto menyampaikan bahwa pihaknya berharap 2.000 tenaga kerja dapat terserap dalam job fair 2018 ini. “Sebanyak 35 perusahaan yang kita gandeng kita harapkan dapat menyerap tenaga kerja dari Ponorogo dan sekitarnya seperti Magetan, Pacitan dan Trenggalek”, jelas Bedianto.

Mudah – mudahan dengan Job Fair ini dapat terus menekan angka pengangguran terutama di Ponorogo, pungkas Bedianto.

Sementara menurut Dewi, dari sebuah perusahaan kontraktor dari Jakarta menyampaikan bahwa perusahaannya datang ke Ponorogo karena perusahaannya butuh fresh graduate. “Dan biasanya orang Ponorogo memiliki budaya kerja yang kuat, untuk itu kami datang kesini untuk mendapatkan SDM yang mumpuni di perusahaan kami”,ujarnya.

Sedang menurut Fajar Eko, seorang pencari kerja dari Pacitan mengungkapkan bahwa dirinya hadir untuk mencari pekerjaan. “Saya lihat di baliho ada job fair disini, dan saya datang untuk memilih pekerjaan, mudah-mudahan ada pekerjaan yang cocok dengan keahlian yang saya miliki”,ujarnya.

Kegiatan Job Fair tersebut berlangsung selama 2 hari, tanggal 14 – 15 Mei 2018 besuk. (GiN)

  • Bagikan