Atasi Rentenir Pemkab Trenggalek Memberikan Kredit Ringan Kepada Pedagang

oleh

Reporter : Tatang Dahono

Trenggalek – Portal Madiun Raya

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kediri, bersama dengan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) DPK Tulungagung Trenggalek,
menggelar kegiatan sosial bersama dengan UMKM, serta penyandang difabel dalam rangka CSR, Edukasi Literasi, dan Inklusi Keuangan Perbankan di Pendopo Manggala Praja Nugraha kemarin.

Hadir dalam kesempatan tersebut Plt Bupati Trenggalek, Ketua OJK Kediri, Ketua Perbarindo DPK Tulungagung Trenggalek, serta segenap Direktur BPR di wilayah Tulungagung Trenggalek, dan para pelaku UMKM.

Dalam kesempatan tersebut sekaligus diserahkan bantuan kepad Yayasan Naeema oleh Perbarindo.

Plt Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin dalam sambutannya, berharap melalui kegiatan ini para pelaku UMKM dapat berkonsultasi langsung terkait dengan jasa keuangan khususnya, kredit untuk modal usaha.

Karena sekarang di Kabupaten Trenggalek ini banyak lembaga-lembaga keuangan yang kurang kredibel. Jadi banyak uang yang beredar di Trenggalek ini tidak tercatat dalam mekanisme perbankan.

“Namun, lembaga-lembaga keuangan yang kurang kredibel ini masih dipercaya, karena mereka lebih dekat dengan masyarakat,” ungkap Nur Arifin.

“Nah, sekarang bagaimana tugasnya BPR ini sebagai unit terkecil yang langsung bersentuhan dengan masyarakat , dan bisa memberikan kepercayaan pelayanan keuangan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Menurut Plt. Bupati Nur Arifin, salah satu bentuk komitmen Pemkab Trenggalek dalam hal ini adalah adanya kredit ringan bagi pedagang pasar melalui CSR, yang diharapkan mampu mengurangi ketergantungan kepada rentenir atau lembaga keuangan yang kurang kredibel.

“Ini salah satu upaya Pemerintah bagaimana se-inklusif mungkin masuk ke masyarakat, jangan sampai rentenir menguasai dan jangan sampai lembaga keuangan yang kurang kredibel itu dipercaya oleh masyarakat,” pungkas Nur Arifin. (Ono/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *