Menuju Pemilu 2019, Panwaslu Ponorogo gelar Sosialisasi

oleh

Ponorogo – Portal Madiun Raya
Menuju Pemilihan Umum tahun 2019, Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Ponorogo menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif masyarakat Ponorogo di Hotel Maesa, Senin (14/05).

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Panwaslu Ponorogo, Widi Cahyono, didampingi Komisioner Panwaslu Juwaini dan Marji Nur Cahyono serta 125 elemen masyarakat dari berbagai komunitas di Ponorogo.

Dalam sambutannya, Ketua Panwaslu Ponorogo, Widi Cahyono meminta seluruh masyarakat Ponorogo untuk mensukseskan Pemilu 2019 yaitu Pileg dan Pilpres. “Salah satu upaya kita untuk mensukseskan Pemilu 2019 adalah melakukan pengawasan agar Pemilu 2019 tersebut berjalan secara Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil”,tegas Widi.

Sementara dalam paparannya, Juwaini S. Pd, Komisioner Panwaslu bidang pencegahan dan hubungan antar lembaga menjelaskan bahwa tujuan pengawasan adalah menegakkan integritas, kredibilitas penyelenggara, transparansi penyelenggaraan & akuntabilitas hasil pemilu. “Jadi fungsi Panwaslu adalah Pengawasan/pencegahan, penindakan dan memutus sengketa proses”,ujarnya.

Karena jumlah kita terbatas yaitu 3 di Kabupaten, 3 di tingkat Kecamatan dan 1 orang di tingkat desa maka kita mengajak hadirin sekalian untuk melakukan pengawasan partisipatif dalam pemilu.

“Tugas pengawas partisipatif adalah memberikan informasi awak, mencegah pelanggaran, memantau dan melaporkan”,urai Juwaini.

Sementara Marji, dalam uraiannya menjelaskan bahwa hak memilih dan dipilih dijamin oleh undang undang. “Jadi, mari kita bersama sama memanfaatkan hak memilih dan dipilih yang diberikan kepada kita sebagai warga negara untuk menentukan pemimpin kita di berbagai level tingkatan”,ujarnya.

Diakhir acara, berbagai pertanyaan seputar pemilu disampaikan oleh peserta sosialiasi. (GiN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *