Program Pamsimas Menyasar Kepada Warga Yang Kekurangan Air Bersih

oleh -298 views

Reporter : Tatang Dahono

Trenggalek -Madiun Raya

Sosialisasi program Pamsimas 3 yang digelar di gedung Bhawarasa, Rabu (25/4/2018),dalam rangka menjaring 21 desa sasaran penyediaan air minum
dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas), dibuka oleh Plt Bupati H.Moh Nur Arifin.

Pada  tahun 2017, terdapat  delapan desa yang telah menjadi desa sasaran Program Pamsimas III.  Sementara di tahun 2018 ini Pamsimas III akan dilaksanakan kembali di Kabupaten Trenggalek yang akan menyasar 16 Desa.

12 Desa tersebut dibiayai oleh Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dan 4 Desa dibiayai oleh APBD.

Plt Bupati Trenggalek, H. Mochamad Nur Arifin, dalam sambutannya menyampaikan, “Program Pamsimas III yang dilaksanakan pada tahun 2016 hingga 2019 ini, merupakan kelanjutan dari program Pamsimas I dan II (tahun 2008-2015)”,ujar plt Bupati.

Dimana Pamsimas ini merupakan instrumen pelaksanaan dua agenda nasional, yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum, dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan, lanjutnya.

“Jumlah warga yang kurang terlayani termasuk, masyarakat berpenghasilan rendah di wilayah pedesaan, diharapkan dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, dalam program Pamsimas III ini,” ungkap Plt Bupati Trenggalek.

Pemkab akan terus mendukung program ini dengan dana sharing antara dana dari APBD, dan dana dari APBN.
Selanjutnya kita pastikan bisa terserap semua, dan untuk pendamping juga dilibatkan untuk mengawasi, sehingga program bisa berjalan maksimal, sambung Nur Arifin.

Lebih lanjut kata Arifin, dirinya mengusulkan agar di desa desa dibentuk unit usaha pengelola air desa semacam PDAM desa, sehingga jika ada kerusakan tidak sedikit-sedikit mengajukan keluhan ke dinas PKPLH.

“Sehingga penanganannya bisa cepat dan tidak sampai mangkrak,” ungkapnya.

Ditambahkannya, dari 24 Desa yang telah mendapatkan program Pamsimas III di tahun 2017 dan 2018 Sampai akhir tahun 2019, Pemkab mempunyai target 21 Desa sasaran untuk memenuhi target sebanyak 45 Desa, pungkas Arifin.(Ono/gin)

Hosting Unlimited Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *