Meriahnya Kartinian di Tegalombo, Pacitan

oleh

Pacitan – Portal Madiun Raya

Semarak Hari Kartini, 21 April 2018 di seluruh pelosok negeri Indonesia begitu terasa. Ada yang terkesan wah dengan berbagai kegiatan mentereng dan ada juga yang hanya merayakan secara sederhana. Namun, esensi peringatan Pahlawan Emansipasi Wanita tersebut sangat terasa.

Hari ini, negeri Indonesia larut dalam persamaan gender yang gong pertama kali ditabuh oleh Raden Ajeng Kartini tersebut.

Tidak terkecuali di Desa Tegalombo, Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan, yang juga mengadakan perayaan Hari Kartini di Balai Desa setempat.

Ratusan anak peserta didik di beberapa lembaga PAUD dan TK serta SD mengikuti kegiatan berbagai lomba diantaranya fashion show. Tidak kalah, ibu ibu PKK juga mengikuti lomba menyanyikan mars Ibu Kita Kartini.

Kepala Desa Tegalombo, Giyanto, menyatakan bahwa desanya mengadakan peringatan Hari Kartini sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan Ibu Kartini dalam mewujudkan emansipasi wanita. “Atas perjuangan Ibu Kartini, sekarang banyak pejabat penting, menteri bahkan Presiden dari kaum wanita”,ujarnya.

Dia berharap, wanita sekarang bisa saling membahu bekerja sama membangun Indonesia sesuai dengan kapasitasnya.

Sementara menurut salah seorang peserta lomba fashion show, Nashya, dirinya sangat kagum dengan Ibu Kartini. “Kelak, saya ingin menjadi Dokter”,katanya saat ditanya apa cita citanya. (GiN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *