Gempa 4,2 SR Guncang Banjarnegara, Sejumlah Bangunan Rusak

oleh

BANJARNEGARA, Madiunraya.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Jawa Tengah tengah meninjau lokasi terdampak gempa di Desa Kertosari, Kecamatan Kalibening.

“Tim sedang meninjau lokasi, ada laporan kerusakan rumah yang menurut laporan sementara merupakan dampak dari gempa yang berlokasi di Pekalongan,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Banjarnegara, Agus Haryono di Banjarnegara, Rabu (18/4/2018).

Hingga kini, tim reaksi cepat dari BPBD Banjarnegara mendata dan upaya evakuasi. Selain itu, kata dia, BPBD juga telah menerima laporan adanya kerusakan di SMPN 2 Kalibening.

Sementara itu, salah satu warga Banjarnegara, Rifai (30) menuturkan bahwa gempa dirasakan sekitar tiga hingga lima detik.

“Guncangan gempa terasa sekitar tiga hingga lima detik, meskipun tidak begitu kuat, tapi cukup terasa,” katanya Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa berkekuatan 4,2 SR yang mengguncang wilayah Pekalongan, Jawa Tengah dan terasa hingga Kabupaten Banjarnegara.

“Gempa terjadi pukul 13.28 WIB dan berlokasi di 19 kilometer Tenggara Kabupaten Pekalongan,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie.

Selain itu, BMKG juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang. “Imbauan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak percaya isu yang tidak bertanggung jawab, tetap ikuti arahan pihak terkait atau BPBD setempat dan jika membutuhkan informasi terkini terkait gempa bumi bisa menghubungi kantor BMKG terdekat,” katanya.

Sebagai informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa berkekuatan 4,2 Skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Pekalongan, Jawa Tengah dirasakan hingga Kabupaten Banjarnegara.

“Gempa terjadi pukul 13.28 WIB dan berlokasi di 19 kilometer Tenggara Kabupaten Pekalongan,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhie, di Banjarnegara.

Dia telah menerima beberapa laporan bahwa guncangan dirasakan hingga ke Banjarnegara dengan intensitas lemah. Sementara untuk wilayah lainnya di sekitar Pekalongan, kata dia, belum ada laporan yang masuk.

“Ini merupakan gempa tektonik dengan kedalaman dangkal yakni 10 kilometer yang berlokasi di darat dengan intensitas lemah karena hanya beberapa wilayah saja yang merasakan,” katanya.

Namun demikian, kata dia, BMKG akan terus melakukan pemuktahiran data dan menginformasikannya kepada masyarakat. Dia menambahkan BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang.

“Imbauan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak percaya isu yang tidak bertanggung jawab, tetap ikuti arahan pihak terkait atau BPBD setempat dan jika membutuhkan informasi terkini terkait gempa bumi bisa menghubungi kantor BMKG terdekat,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *