Stunting di Trenggalek Perlu Penanganan Khusus

oleh

Reporter : Tatang Dahono

 

Trenggalek – Portal Madiun Raya

Berawal dari Kabupaten Trenggalek Jawa Timur, isu stunting yang sudah menjadi isu nasional, mendapat tanggapan serius dari pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Gus Ipul – Puti Guntur Soekarnoputra pasangan nomer 2.

Dalam kunjunganya ke Desa Kayen, Kecamatan Karangan, Mbak Puti merasa trenyuh dengan kondisi masyarakat setempat. “Saya tidak bermimpi, tetapi saya langsung melihat potret nyata kehidupan masyarakat. Kondisi lingkungan yang kurang memadai ini, sangat mendukung terjadinya stunting”, urainya.

Ditambahkan, disini belum ada MCK, kemudian air bersih masih kurang, selanjutnya rumah masih belum layak untuk perkembangan anak anak, ini harus mendapat perhatian khusus dari pemerintah. “Jika nanti saya terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur, program program perbaikan gizi anak dan stunting nanti, akan menjadi program prioritas kami”,tandas cucu Bung Karno tersebut.

Untuk mendukung program ini kata Mbak Puti, kita harus memaksimalkan pemberdayaan keluarga harapan (Pkh), dengan memberikan paket nutrisi yang kita salurkan melalui PKK dan Posyandu, ungkapnya.

H.Moch Nur Arifin yang sapaan akrabnya dipanggil Gus Ipin, ketika mendampingi Mbak Puti di Desa Kayen, saat dimintai keterangan mengatakan, “Masalah kekurangan gizi dan stunting ini menjadi PR Nasional. Persoalan ini tidak bisa diselesaikan sehari, atau diberikan asupan gizi terus selesai”,ujar Gus Ipin.

Kita harus menciptakan rumah tangga yang sehat. “Karena yang kita lihat sekarang ini, masyarakat yang belum mempunyai tempat mencuci maupun MCK masih banyak. Selain itu dalam pertemuan ini, kita lihat lantainya masih belum juga diplester masih lantai tanah. Ini yang berpotensi menyumbang anak yang kekurangan gizi dan stunting”,sambungnya.

Karena itu kepada semua calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, kemampuan fiskal di daerah kabupaten Trenggalek sangat terbatas dan masih dibantu baznas, agar tahu calon Gubernur dan Wakil Gubernur kondisi riil dilapangan seperti ini, Mbak Puti kita ajak kesini, sambung Gus Ipin.

“Siapapun yang menjadi gubernur, masalah stunting ini menjadi prioritas dan disetiap waktu dianggarkan. Jangan sebaliknya, setelah ada isu baru dianggarkan”,sambungnya.

Lebih lanjut kata Gus Ipin, tahun depan kita mendapat DAK penugasan secara fiskal dari pusat sebesar 6 Milyard, untuk menangani stunting di kabupaten Trenggalek, pungkas Gus Ipin. (Ono/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *