MEMBANGGAKAN, BATIK TULIS PONORAGAN JUARAI LOMBA DESAIN, MENJAHIT DAN PERAGAAN BUSANA PERSIT KCK TINGKAT PD V/BRAWIJAYA

oleh


Surabaya – www.madiunraya.com
Peringatan HUT Persit KCK ke-72 tahun 2018 disambut dengan kegiatan-kegiatan lomba mulai dari tingkat wilayah, daerah hingga tingkat Nasional. Mulai dari lomba seni tari daerah, lomba desain, menjahit dan peragaan busana hingga pertandingan Woodball. Kali ini Persit KCK Cabang XVI Kodim 0802/Ponorogo didaulat oleh Persit KCK Koorcab Korem 081/Dsj untuk melaksanakan lomba desain, menjahit dan peragaan busana tingkat PD V/Brawijaya yang menaungi Persit KCK sewilayah Jawa Timur. Demikian disampaikan oleh Ketua Persit KCK Cabang XVI Kodim 0802/Ponorogo Ny. Winda Made Sandy Agusto menjelang pelaksanaan lomba tersebut di Balai Prajurit Kodam V/Brw.(07/03/2018)

Memakai busana dengan tema gaun pesta berbahan dasar batik tulis khas Ponorogo bermotif merak yg diilhami oleh kesenian Reog Ponorogo, Ny. Winda Made Sandy Agusto, Ketua Persit KCK Cabang XVI Kodim 0802/Ponorogo berkenan memperagakan sendiri baju karya desain Ny. Sunarko anggota Persit KCK Cabang XVI Kodim 0802/Ponorogo. Fisosofi burung merak didalam kesenian Reog Ponorogo yang dituangkan di dalam desain busana lomba kali ini merupakan lambang keanggunan, keindahan dan kebesaran. Disamping itu, bagi anggota Persit KCK Cabang XVI Kodim 0802/Ponorogo, merak merupakan gambaran kesucian, kesetiaan, sepi ing pamrih, rame ing gawe sehingga patut disanjung oleh singa sebagai gambaran kegagahan seorang anggota TNI AD. Keiklasan burung merak yang selalu mendampingi sang singa dimanapun ia berada, rela, bijaksana namun tetap cerdas cendekia, berani dan bertanggung jawab. Gambaran tentang burung merak dalam seni Reog Ponorogo dituangkan apik di dalam desain busana yang dikenakan sendiri oleh Ketua Persit KCK Cabang XVI Kodim 0802/Ponorogo dalam perhelatan ini. Lebih dari itu, filosofi burung merak yang dituangkan di dalam karya berupa busana ini merupakan gambaran utuh dari sifat dan watak Persit Kartika Chandra Kirana.

Perhelatan lomba yang digelar dalam rangka menyambut HUT Persit KCK ke-72 tahun 2018 bertempat di Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya tersebut, dihadiri oleh Pangdam V/Brw Mayjen TNI Arif Rahman dan Ketua Persit KCK PD V/Brw Ny. Mia Arif Rahman serta para pejabat Kodam V/Brw dan Pengurus Persit KCK PD V/Brw ini berlangsung sangat meriah, gelaran lomba desain, menjahit dan peragaan busana yang digelar usai lomba seni tari ini menjadi perhatian hadirin di Balai kebanggaan Prajurit Kodam V/Brw tersebut. Satu persatu peserta memperagakan busana hasil karya anggota Persit KCK masing-masing cabang se-PD V/Brw, persaingan yang ketat dalam kedetailan desain, keindahan, peragaan serta filosofi busana yang ditampilkan tak pelak terjadi di atas panggung lomba yang dibuat dengan elegan ini.

Tibalah saat pengumuman penilaian lomba desain, menjahit dan peragaan busana dalam rangka menyambut HUT Persit KCK ke-72 tahun 2018 tingkat PD V/Brw. Suasana hening terasa di ruang utama Balai Prajurit Kodam V/Brw tempat dihelatnya lomba ini, pertanda seluruh hadirin menantikan hasil penilaian lomba desain, menjahit dan peragaan busana ini. Tibalah pengumuman pemenang dalam lomba ini, Juara III diraih oleh Persit KCK Cabang LV Yonkav 3/Tank, Juara II diraih oleh Persit KCK Cabang IV Slogdam V/Brw sedangkan Juara I diraih oleh Persit KCK Koorcab Korem 081/Dsj yang diwakili oleh Persit KCK Cabang XVI Kodim 0802/Ponorogo.

Rasa haru, bangga dan syukur ditunjukkan Ny. Winda Made Sandy Agusto beserta tim yang terlibat dalam proses desain, produksi hingga pendukung terwujudnya busana batik tulis khas Ponorogo ini. Berkenan memberikan ucapan selamat antara lain Pangdam V/Brw Mayjen TNI Arif Rahman, Ketua Persit KCK PD V/Brw Ny. Mia Arif Rahman serta Pejabat Kodam V/Brw dan Pengurus Persit KCK PDV/Brw yang disusul oleh Ketua Persit KCK Koorcab Korem 081/Dsj Ny. Pipit Sidharta Wisnu Graha yang disusul oleh para Ketua dan Pengurus Persit KCK jajaran PD V/Brw.

Ucapan syukur ke hadirat Tuhan YME atas pencapaian kegiatan lomba desain, menjahit dan peragaan busana dalam rangka menyambut HUT Persit KCK ke-72 tahun 2018 tingkat PD/V Brw ini. Demikian disampaikan Ny. Winda Made Sandy Agusto usai menerima ucapan selamat dari pejabat yang hadir dalam perhelatan tersebut. Prestasi ini bukan hanya milik Ketua Persit KCK Cabang XVI Kodim 0802/Ponorogo sebagai model peraga atau Tim yang terlibat dalam proses desain, produksi dan pendukung saja, namun prestasi ini adalah milik seluruh anggota Persit KCK Cabang XVI Kodim 0802/Ponorogo dan Masyarakat Kabupaten Ponorogo seluruhnya, sebab batik tulis khas Kabupaten Ponorogo ini memang memiliki nilai seni yang sangat tinggi sehingga segenap penilai dan hadirin di Balai Prajurit Kodam V/Brw memberikan penghargaan yang tertinggi, lanjutnya. Ny. Winda Made Sandy Agusto berharap, batik tulis khas Ponorogo ini dapat lebih dikenal baik tingkat Nasional maupun mancanegara, sehingga Kabupaten Ponorogo yang dikenal memiliki panorama indah dan seni Reog yang telah go internasional ini bertambah kekayaan berupa batik tulis khas Ponorogo, pungkasnya.(GiN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *