Regrouping SDN 2 Bangunsari, Komisi D DPRD Ponorogo fasilitasi Komite Sekolah – Dinas Pendidikan

oleh -232 views
Komisi D DPRD Ponorogo fasilitasi Komite Sekolah dengan Dinas Pendidikan
Komisi D DPRD Ponorogo fasilitasi Komite Sekolah dengan Dinas Pendidikan

Ponorogo – Portalnews Madiunraya.com
Wacana regrouping atau penggabungan SDN 2 ke SDN 1 Bangunsari masih menuai pro dan kontra.

Komisi D DPRD Kabupaten Ponorogo belum sependapat dengan rencana yang diusung oleh dinas pendidikan (dindik) tersebut. Pada hari Selasa (06/03), Komisi D memfasilitasi pertemuan komite SDN 2 Bangunsari dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo membahas persoalan itu di ruang rapat komisi dewan.
“Kami tetap akan mengawal persoalan ini. Jangan sampai nanti dibelakang ada salah paham,”ungkap Wakil Ketua Komisi D DPRD Ponorogo, Moh Ubahil Islam.

Ubahil meminta Dindik menampung usulan yang disampaikan wali murid dan komite SDN 2 Bangunsari. Salah satunya siswa SDN 2 Bangunsari harus mendapat jaminan tidak dipungut biaya pendidikan ketika dilebur dengan SDN 1 Bangunsari kelak. Mengingat mayoritas siswa di sekolah tersebut berasal dari keluarga kurang mampu. “Kami minta mereka (siswa SDN 2 Bangunsari) tetap mendapatkan pendidikan gratis sampai tamat sekolah. Nanti ada tindak lanjut berupa memorandum of understanding (MoU) dengan pemkab,”ujarnya.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menilai penggabungan dua sekolah atau lebih memang perlu dilakukan. Asalkan tujuan regrouping itu mendasar pada peraturan perundang-undangan. Tapi, sebelum itu Dindik juga harus mempertimbangkan jarak tempuh dan penataan pegawai ketika hendak memberlakukan program regrouping. “Posisi saat ini dindik sedang mengevaluasi dan proses sosialisasi,” ucapnya.

Anggota Komisi D DPRD Ponorogo Budi Purnomo menambahkan rencana regrouping harus mempertimbangkan sisi psikologis siswa. Bukan hanya sekadar berdasar aspek kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Karena itu, pihaknya mewanti-wanti dindik bijak mengambil keputusan. “Kami meminta ada jaminan dari pemkab kepada siswa SDN 2 Bangunsari, biaya sekolah mereka bisa gratis sampai tamat.” tuturnya.(adv/yah/gin).

Hosting Unlimited Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *