Kapolda Jatim : 800 ribu situs merupakan penyebar hoak

oleh


Mojokerto – www.madiunraya.com
Hidup di era milenial dan serba digital membuat informasi semakin mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.
Namun, efek negatif dari kecepatan teknologi informasi adalah merebaknya informasi hoak. Hal tersebut disampaikan oleh Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Drs Mahfud Arifin dalam pembukaan Jambore Netizen Polda Jatim 2018 di Trawas, Mojokerto, Jum’at (23/02).
Pidato Kapolda yang dibacakan oleh Irwasda Polda Jatim, Kombespol Frans Barung Mangerang tersebut meminta dukungan dari para netizen untuk melawan hoak. “800 ribu lebih situs yang ada merupakan penyebar hoaks dan berpotensi memecah belah persatuan bangsa”, ujar Kapolda Jawa Timur.
Untuk itu kita sudah diintruksikan oleh Presiden Jokowi untuk meminimalisir penyebaran kebencian tersebut. “Badan Siber dan Sandi Nasional sudah dibentuk dan Cyber Troops sudah memblokir ribuan situs serta akun penyebar kebencian”,lanjut Kapolda.
Namun keberhasilan demi keberhasilan dalam membekukan akun serta situs hoaks tidak akan membawa perubahan yang berarti tanpa dukungan dari masyarakat terutama Netizen. “Untuk itu, dengan jambore Netizen Polda Jatim ini diharapkan dapat membawa para netizen untuk semangat dalam menangkal hoaks”,pungkas Kapolda Jatim.
Diakhir upacara pembukaan jambore diadakan foto bersama dan selanjutnya pemberian materi. (GiN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *