TNI kawal petani dalam memanen padi di Ponorogo

oleh

Ponorogo – www.madiunraya.com

Wilayah Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo yang memiliki kontur permukaan tanah yang berbukit sehingga lahan pertanian padi diwilayah ini terbilang terbatas, hanya wilayah-wilayah tertentu saja yang dapat ditanami padi. Namun, kelebihan wilayah ini adalah aliran air yang berasal dari sumber terus mengalir sepanjang tahun, sehingga tata kelola usaha pertanian disini tidak bergantung pada musim.

Tata kelola pertanian padi yang tidak bergantung musim ini menghasilkan sirkulasi pengelolaan padi yang berbeda dengan wilayah lain yang melaksanakan sistem pertanian bergantung pada musim. Disini, bisa menanam sepanjang tahun, sehingga panen pun dapat berangsur-angsur sepanjang tahun.

Seperti yang terlihat hari ini, Babinda Bekiring Koramil 0802/17 Pulung melaksanakan pendampingan panen padi seluas 0,71 hektar milik Muji yang berlokasi di Dsn Bintoro Desa Bekiring Pulung. Babinsa yang akrab disapa masyarakat dengan panggilan Pak Jari ini menyampaikan bahwa lahan yang saat ini dilaksanakan panen padi, sebelumnya adalah lahan pertanian jagung, sayur dan holtikultura, namun karena adanya pendampingan dari Babinsa, masyarakat disini mulai terbiasa menanam padi.(GiN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *