Puting Beliung rusak 5 rumah warga di Nganjuk

oleh

Nganjuk – WWW.MADIUNRAYA.COM

Kamis (25/01/18) pukul 15.30 WIB angin puting beliung rusak lima rumah warga di Ds. Joho Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.
Menurut Kepala Desa Joho, Angin puting beliung menerjang Desa Joho Kec. Pace sekira pukul 15.30 WIB. “Terjangan angin puting beliung tersebut hingga menyebabkan genteng rumah warga berhamburan,” kata Kades Joho.

Berdasarkan data yang dihimpun Serda Sukamto Babinsa Desa Joho mencatat sebanyak 5 rumah warga rusak dengan total kerugian ditaksir sebesar Rp. 1.000.000,- akibat angin puting beliung tersebut diantaranya rumah milik Suparmo 53 th, rumah milik Suparno 40 th, rumah milik Sutrisno 50 th, rumah milik Mukhlas 40 th dan rumah milik Bpk. Paini 56 th, dari keseluruhan rumah yang tertimpa musibah terletak para satu lingkungan RT 12 RW 14 Dsn/Ds. Joho Kec. Pace.

“Kami masih melakukan pendataan terhadap rumah warga yang menjadi korban angin puting beliung, sehingga kemungkinan data bisa bertambah,” tuturnya.

Serda Sukamto mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman angin puting beliung yang bisa menerjang di 20 kecamatan di Kabupaten Nganjuk karena cuaca ekstrem yang terjadi selama beberapa pekan terakhir.

Sementara di tempat terpisah Danramil 0810/12 Pace Kapten Inf Hardi P yang sedang melaksanakan Piket di Makodim 0810/Nganjuk mendapatkan laporan Babinsa langsung melaporkan kepada Komandan Kodim 0810/Nganjuk bahwa terjadi bencana angin puting beliung di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya dan memerintahkan anggota Koramil Pace, kemudian berkoordinasi dengan aparat setempat.

“Saya juga sudah melaporkan kejadian tersebut kepada Piket BPBD Kab. Nganjuk dan berkoordinasi di tingkat kecamatan, kami mengadakan tindakan darurat yang diperlukan di lapangan,” katanya.

Komandan Kodim 0810/Nganjuk Letkol Arh Sri Rusyono. S, S.E. mengatakan pihaknya memerintahkan Danramil melakukan koordinasi dengan aparat kecamatan dan desa, mengadakan pendataan dan mengambil langkah-langkah sebagaimana mestinya.

“Kami langsung berkoordinasi dengan Kepala BPBD Kab. Nganjuk dan sejumlah pihak terkait, serta akan menurunkan anggota Siaga untuk memberikan bantuan untuk memperbaiki rumah yang tertimpa musibah melalui karya bakti TNI,” ujarnya. (GiN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *