Ada Layanan Baru Sistem Pendaftaran Online di RSUD Dr Soedomo Trenggalek

oleh
RSUD Trenggalek. (Foto: Humas Setda Trenggalek)

TRENGGALEK, Madiunraya.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soedomo Trenggalek terus berbenah dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Awal tahun 2018 ini, rumah sakit milik Pemkab Trenggalek membuat gebrakan baru dengan membuka sistim pendaftaran secara online bagi pasien lama yang sudah memiliki catatan (rekam) medis di Rumah Sakit ini.

Pasien lama tidak perlu mengantri panjang untuk mendaftar ke Rumah Sakit ini, pasalnya pendaftaran bisa dilakukan lewat SMS ke nomor 081 330 000 031 sehari sebelum berobat. Layanan pendaftaran online ini dibuka sejak tanggal 2 Desember tahun 2018, pada hari Senin hingga Sabtu pukul 00.00 hingga 16.00 WIB.

Untuk hari Minggu maupun hari libur nasional pendaftaran tutup, dikarenakan poliklinik rawat jalan RSUD Dr Soedomo juga tutup.

Cara pendaftaran juga mudah cuma dengan mengetik SMS Daftar#No. Rekam Medis#Poli Tujuan#Cara Bayar (Umum/BPJS), contoh Daftar#306990#Poli Anak#BPJS kirim ke nomor 081 330 000 031. Nomor rekam medis tertera pada kartu berobat yang telah diberikan kepada pasien rumah sakit ini sebelumnya.

Pendaftaran dinyatakan valid bilamana pendaftar sudah mendapatkan balasan SMS balik dari sistem. SMS balasan ini digunakan untuk konfirmasi disaat pasien melengkapi kelengkapan di loket pendaftaran.

Adapun kelengkapan yang harus dipenuhi pasien setelah berhasil mendaftar, untuk pasien BPJS yaitu menunjukkan BPJS/ KIS asli, KTP/ KK/ SIM yang masih berlaku, surat rujukan Puskesmas yang masih berlaku dan Kartu Berobat; untuk pasien tidak mampu (SKTM) wajib membawa surat rujukan Puskesmas yang masih berlaku dan kartu berobat, sedangkan pasien umum hanya membawa KTP yang madih berlaku dan kartu berobat.

Dikonfirmasi mengenai hal ini Direktur RSUD Dr Soedomo Trenggalek, dr. Saeroni menuturkan pendaftaran online/ SMS ini ditunjukkan dalam rangka meningkatkan pelayanan Rumah Sakit.

“Dengan pendaftaran melalui online tentunya pasien akan dimudahkan karena tidak perlu mengambil nomor antrian,”katanya, dikutip laman Humas Setda Trenggalek pada Sabtu (6/1/2018).

Pendaftaran dengan sistem ini juga diyakini lebih cepat dan akurat, rekam medis pasien bisa dipersiapkan lebih awal sehingga pelayanan di poliklinik bisa dilakukan lebih cepat bagi pasien lama (kunjungan ulang).

Saeroni juga mengakui bahwasanya masih terdapat beberapa kekurangan dalam pelayanan Rumah Sakit yang dipimpinnya tersebut, namun pihaknya berjanji akan terus melakukan upaya perbaikan kedepannya.

Sementara, Hanif warga Desa Dawuhan Trenggalek yang mengantarkan istrinya memeriksakan kehamilannya menyambut gembira upaya perbaikan pelayanan yang dilakukan oleh RSUD Dr Soedomo, menurutnya pelayanan rumah sakit ini sudah baik.

“Meskipun belum mengetahui bila telah dibuka sistem pendaftaran melalui SMS, bila memang ada pendaftaran secara online tentunya akan srmakin mudah,”katanya. (Humas Setda/MR01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *