Petani Jagung Madiun Minta Sepeda ke Jokowi

oleh

MADIUN, Madiunraya.com – Petani jagung asal Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun bernama Minten meminta sepeda saat dirinya berada di panggung bersama Presiden Joko Widodo saat acara Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat.

“Karena ladang saya ada di hutan, saya boleh minta sepedanya ngga pak untuk pergi ke ladang,” kata Minten saat berinteraksi dengan Presiden di Alun-Alun Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Senin (6/11/2017).

Presiden memang memanggil sejumlah warga untuk naik ke atas panggung menananyakan luas tanah yang tercatat di sertifikat.

Selain itu, Presiden juga menguji kemampuan warga memahami Pancasila dengan meminta mereka melafalkan dasar negara tersebut.

Minten dengan lantang langsung melafalkan Pancasila di atas panggung, dan setelahnya tentu saja diberikan sepeda oleh Jokowi yang disambut tawa oleh para peserta yang hadir.

Sementara itu, Presiden juga mengingatkan agar masyarakat menyimpan sertifikat dengan baik.

Bagi warga yang hendak mengagunkan sertifikat ke bank untuk mendapatkan modal usaha juga harus diperhitungkan, kata Jokowi.

Dalam acara itu, Presiden memberikan sertifikat kepada sebanyak 8.950 penerima dari lima kabupaten/kota yaitu 5.000 orang dari Kabupaten Madiun, 2.500 orang asal Kabupaten Ngawi, 1.000 orang dari Kabupaten Magetan, 200 orang dari Kota Madiun dan 250 orang dari Kabupaten Ponorogo.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil mendampingi Presiden dalam acara tersebut.

Pembagian sertifikat tersebut bertujuan untuk memberikan kekuatan hukum kepada masyarakat atas status tanah mereka.

Kekuatan hukum tersebut juga dapat menghindari sengketa lahan yang kerap terjadi di masyarakat baik antar sesama warga, maupun dengan perusahaan atau institusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *