Arumi Bachsin Berharap Trenggalek Bantu Wujudkan Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia

oleh
Arumi Bachsin saat menghadiri gebyar pertanian di rumah coklat Trenggalek. (Foto: Humas Setda Trenggalek)

TRENGGALEK, Madiunraya.com – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek Arumi Bachsin berharap Trenggalek menjadi salah satu bagian dalam upaya mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.

“Saya harapkan Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia dan Trenggalek menjadi salah satu bagiannya, tentunya hal ini bisa terwujud, bila semua elemen masyarakat bekerja keras dan bahu membahu mewujudkan hal ini, termasuk juga pemerintah pusat, Provinsi maupun Pemerintah Daerah,”katanya saat membuka kegiatan Gebyar Pertanian dan Pangan dalam rangka hari pangan sedunia ke-37 yang diadakan di Rumah Coklat Trenggalek, Kamis (2/11/2017), sebagaimana dikutip laman Humas Setda Trenggalek.

Dia menuturkan bahwa petani merupakan seorang dokter pencegahan penyakit dunia. Hal itu bisa diwujudkan petani yang ada mau dan mampu menyuguhkan hasil pertanian yang sehat kepada konsumennya. Pasalnya sumber segala penyakit yang diderita manusia ini bersumber pada apa yang mereka makan.

“Petani harus berpindah pada pola pertanian sehat dan meninggalkan pertanian kimiawi. Toh bila pertanian organik ini dilaksanakan sungguh-sungguh bisa menghasilkan pendapatan melimpah, seperti halnya yang sedang dirintis Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek di area Rumah Coklat ini, bila petaninya sudah berkomitmen, tentunya tidak bisa menjadi alasan lagi, Pemerintah harus mendukung semaksimal mungkin,”jelasnya.

Dia berharap petani Trenggalek bisa memanfaatkan perkembangan tekhnologi pertanian dengan baik, pengendalian hama ramah linkungan maupun memanfaatkan tekhnologi pertanian dengan bijak.

Dalam kesempatan tersebut, Arumi juga mendorong masyarakat untuk bisa terus berkreasi dalam menu olahan makanan untuk mengurangi ketergantungan manusia terhadap beras, sehingga kebutuhan manusia akan pangan ini dapat terkendali dengan baik.

 “Seperti halnya yang disampaikan oleh Bapak Bupati, tidak ada manusia di dunia ini yang tergantung pada petani, sehingga sudah sepantasnya kita berterima kasih kepada petani,” kata istri dari Bupati Emil Dardak itu.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek Joko Surono menuturkan hampir semua Gapoktan yang ada di Trenggalek memamerkan semua hasil produksinya dalam ajang ini.

“Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk mempromosikan hasil pertanian yang ada di Trenggalek. Saat ini pertanian di Trenggalek sudah merambah kepada pertanian organisasi, seperti halnya tanaman sayuran yang ada di rumah coklat ini. Tidak ada setetespun pestisida, sehingga dijamin sehat,” imbuh Joko.

Dalam kegiatan ini ketua TP PKK Trenggalek, Arumi juga menyampaikan bantuan beberapa alsintan, ternak kambing, asuransi pertanian maupun beberapa bantuan lainnya, serta gerakan minum susu masal bagi anak-anak sekolah dasar yang ada. (Humas Setda/MR01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *