SAR Jember Lakukan Pencarian 3 Korban Tertimbun Longsor

oleh
Tim SAR melakukan pencarian korban longsor Ponorogo. (Foto: BPBD Ponorogo)
Tim SAR melakukan pencarian korban longsor Ponorogo. (Foto: BPBD Ponorogo)

JEMBER, Madiunraya.com – Tim SAR gabungan melakukan pencarian terhadap tiga korban yang merupakan satu keluarga yang masih tertimbun tanah longsor di Desa Jambesari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (17/10/2017).

Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto bersama 97 orang anggotanya berangkat menuju lokasi tanah longsor pada pukul 05.00 WIB untuk mengadakan langkah-langkah penanggulangan awal dengan pencarian korban yang tertimbun longsoran tersebut.

“Usai menerima laporan dari Danramil 0824/17 Sumberbaru Kapten Inf Sukarno pada Senin (16/10) pukul 23.00 WIB yang telah berada dilokasi kejadian bersama anggotanya, saya langsung memerintahkan Pasi Ops Kodim 0824 Kapten Inf Wahyudi Triko untuk menyiapkan pasukan Kodim 0824 dan segera melaksanakan langkah kedaruratan dengan mengadakan pencarian korban,” kata Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Rudianto.

Tiga korban yang tertimbun tanah longsor tersebut yakni Syaiful (35) yang merupakan kepala keluarga, kemudian istrinya Yana (25), dan anaknya Faris berusia 5 tahun.




Pencarian tiga korban yang merupakan satu keluarga di Dusun Krajan, Desa Jambesari, Kecamatan Sumberbaru tersebut melibatkan personel Badan SAR Nasional (Basarnas), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Polri, SAR Organisasi Pecinta Alam, sukarelawan, dan masyarakat setempat.

Tim Basarnas Jember Rudi Prahara mengatakan sebanyak delapan personel Basarnas bersama puluhan anggota tim SAR lainnya sudah turun ke lokasi untuk melakukan pencarian korban yang masih tertimbun tanah longsor tersebut.

“Longsoran tersebut cukup lebar dan tinggi dengan kemiringan yang curam, sehingga petugas kesulitan untuk melakukan evakuasi mencari korban yang tertimbun tanah longsor tersebut,” tuturnya.

Kendati demikian, lanjut dia, pencarian korban akan dilakukan semaksimal mungkin untuk menemukan tiga korban yang tertimbun tanah akibat longsor di lereng Pegunungan Argopuro tersebut.

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Jember Heru Widagdo mengatakan hujan yang turun selama beberapa hari di Kecamatan Sumberbaru menyebabkan tanah longsor di Dusun Krajan dan Dusun Kedungliyer, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember.

“Rumah yang tertimbun longsor di RT01/01 Dusun Krajan milik Syaiful (35) yang hingga Selasa siang belum ditemukan tiga korban tersebut dan proses pencarian terus dilakukan,” katanya.

Menurutnya satu rumah tertimbun longsor dan satu rumah rusak berat milik Munari (60) yang berisi tujuh orang di dalam rumah, namun keluarga Munari berhasil menyelamatkan diri ke luar rumah saat longsor terjadi dan kerugian material yakni dua ekor sapi dan 12 ekor kambing milik warga di dusun setempat dilaporkan tertimbun tanah. (MR01/Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *