Trenggalek Berpotensi Jadi Daerah Science Technopark

oleh
Emil Dardak di ICEO 2017.(Foto: Humas Setda Trenggalek)
Emil Dardak di ICEO 2017.(Foto: Humas Setda Trenggalek)

MALANG, Madiunraya.com – Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak mengatakan bahwa Trenggalek berpotensi menjadi daerah science technopark. Wilayah Trenggalek yang terdiri dari hutan dan pegunungan sangat cocok menjadi lokasi bagi tanaman penghasil minyak atsiri seperti cengkeh dan nilam.

“Bahwa science techno park ini menjadi sebuah ikhtiar besar untuk bisa mengangkat ekonomi Trenggalek,” ungkap Emil Dardak saat dikonfirmasi usai menjadi pembicara dalam penyelenggaraan International Conference of Essential Oil (ICEO) Indonesia 2017, Kamis (12/10/2017) lalu di Atria Hotel & Conference Malang, dikutip dari Humas Setda Trenggalek.

Sebagai infromasi, Institut Atsiri Universitas Brawijaya menjadi tuan rumah pada penyelenggaraan International Conference of Essential Oil (ICEO) Indonesia 2017. International Conference of Essential Oil (ICEO) merupakan forum bagi para ilmuwan, peneliti, pengusaha, praktisi, serta pembuat kebijakan untuk memperkuat inovasi dan keberlanjutan pasokan minyak atsiri.




Konferensi yang digelar selama dua ini mendatangkan pembicara internasional diantaranya Prof. Nicoletta Ravasio (Professor at National Research Council, Italy), Prof. Chin Hang Shu (National Central University, Taiwan) dan Prof. Phillip Marriott (Monash University, Australia).

Emil mengatakan melalui konferensi ini dirinya merasa bahwa para pakar melihat kecocokan Trenggalek sebagai lokasi untuk science techno park. “Dengan adanya semua ini menjadi satu, dengan komitmen Pemerintah yang jelas, maka PR-nya tinggal bagaimana kita menjembatani antara masyarakat dengan para praktisi, para pakar,”katanya lagi.

Ia juga mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus didorong dengan melalui langkah-langkah kecil dengan menjalankan proses yang lebih high quality dalam bidang destilasi, maupun penanaman nilam dari bibit unggul itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *