Basarnas Evakuasi Korban Tewas Kecelakaan Kerja Hotel Roboh

oleh
Foto Ilustrasi TIM SAR.
Foto Ilustrasi TIM SAR.

TRENGGALEK, Madiunraya.com – Badan SAR Nasional Pos SAR Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu, mengevakuasai satu korban tewas kecelakaan kerja akibat konstruksi bangunan Hotel Jaas roboh saat dilakukan pekerjaan pengecoran lantai tiga sehingga menyebabkan empat pekerja lainnya luka-luka.

Insiden kecelakaan kerja itu kini sedang diselidiki pihak kepolisian setempat.“Kecelakaan terjadi sekitar pukul 13.30 WIB saat pekerja melakukan pekerjaan pengecoran lantai tiga hotel,” kata Kasubbag Humas Polres Trenggalek Iptu Supadi di Trenggalek.

Proses evakuasi disebutkan sempat mengalami kesulitan akibat satu korban tewas tertimbun material besi dan cor lantai dak.

Tim SAR yang datang kurang sejam pascakejadian, setelah menerima laporan dari Kepolisian Resor Trenggalek harus memotong rangkaian besi dan menyingkirkan material cor yang sebagian masih basah untuk bisa mengeluarkan tubuh pekerja yang tewas atas nama Bejo (50).




Sekitar dua jam proses evakuasi dilakukan hingga akhirnya tubuh Bejo yang semula nyaris tertutup material cor berisi adonan semen dan sir itu berhasil dikeluarkan.

Bejo yang warga Desa Gembleb, Kecamatan Pogalan itu sudah tidak bernyawa saat petugas mengevakuasi tubuhnya dari lokasi kecelakaan kerja di kompleks bangunan Hotel Jaas, Kota Trenggalek.

“Empat pekerja lain mengalami luka berat dan ringan. Mereka ini berada di lantai atas (tiga) yang runtuh saat kejadian, sementara korban tewas ada di lantai bawah sehingga langsung tertimbun dan tewas,” ujarnya.

Dugaan sementara polisi berdasar penyelidikan sementara, keterangan saksi dan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), kecelakaan kerja dipicu oleh tiang besi penyangga dak lantai tiga miring lalu roboh.

Saat kejadian, empat pekerja berada di lantai tiga melakukan kegiatan pengecoran, sementara satu orang yang bertugas menyuplai material adonan semen di lantai bawah terjatuh dan tertimbun cor beton basah dari bangunan lantai atas yang sedang mereka kerjakan.

“Untuk kepentingan penyidikan beberapa barang bukti seperti satu unit truk molen, satu unit mobil pompa cor, satu potong besi wiremesh, satu potong baja tiang dan kolom merek WF panjang 2,5 meter serta satu potongan bondex kami sita,” kata Kasat Supadi.

Hotel Jaas merupakan salah satu hotel terbesar yang saat ini ada di Kabupaten Trenggalek. Lokasi hotel ini berada di pinggiran kota Trenggalek dan di bawah bukit Jaas yang menjadi kawasan wisata hutan kota setempat.

Hotel ini berdiri sejak lima tahun, memiliki fasilitas kolam renang sebagai tempat hiburan rakyat, dipadu swalayan yang menyediakan aneka kebutuhan pakaian.

Meningkatnya potensi hunian setiap tahunnya membuat pihak hotel berencana mengembangkan fasilitas kamar dengan membangun gedung baru di kompleks yang sama. Saat masa pembangunan itulah, kecelakaan nahas yang menewaskan seorang pekerja dan melukai empat lainnya itu terjadi. (MR01/Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *