YKP Gelar Sosialisasi Tekan Kekerasan dan Perkawinan Anak di Ponorogo

oleh

PONOROGO, Madiunraya.com – Bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Yayasan Kesehatan Perempuan (YPK) melakukan roadshow bertajuk Workshop menciptakan ruang untuk aksi melawan kekerasan terhadap perempuan, anak perempuan dan perkawinan anak di aula Gedung Terpadu Ponorogo, Rabu (27/09).

Kepala Badan KB dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Ponorogo, Hardjono, menyatakan bahwa angka perkawinan anak di Ponorogo berkisar 9 % dari jumlah perkawinan yang ada. “Masih tingginya perkawinan dibawah umur 20 tahun memiliki ekses terhadap problem yang lain, seperti meningkatnya angka kematian bayi, kematian ibu saat melahirkan dan masalah perekonomian”,jelas Hardjono.

Untuk itu, kegiatan workshop seperti ini sangat dibutuhkan untuk membantu pemerintah kabupaten dalam mengatasi masalah tersebut, sambung Hardjono.

Sementara menurut Tini Sahadati, dari Yayasan Kesehatan Perempuan yang menjadi pembicara dalam workshop tersebut menyatakan bahwa pihaknya terus melakukan kampanye sebagai upaya menciptakan ruang untuk melawan kekerasan terhadap perempuan, anak perempuan dan perkawinan anak.




“Indonesia masih kalah dalam mengatasi masalah tersebut dibandingkan Vietnam dan Kamboja yang notabene baru saja merdeka, untuk itu YKP akan terus mensosialisasikan pencegahan terhadap kekerasan terhadap perempuan, anak perempuan serta perkawinan anak,” ujarnya.

Namun tindakan pencegahan atas masalah tersebut adalah Pemerintah Kabupaten setempat dibantu oleh seluruh elemen masyarakat, jadi untuk mengatasi masalah tersebut tidak bisa satu pihak saja namun harus dikerjakan bersama-sama, pungkasnya.

Wakil Bupati Ponorogo, Sudjarno menyambut baik kegiatan tersebut.

“Ponorogo harus maju manusianya, untuk itu diperlukan langkah strategis untuk mencapai hal tersebut, diantaranya mencegah terjadinya perkawinan dibawah umur, selain itu juga harus mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan dan anak anak yang notabene menjadi generasi penerus bangsa”, ujar Wabup Sudjarno.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dari berbagai ormas diwilayah Kabupaten Ponorogo. (GIN/MR01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *