WAKIL BUPATI PONOROGO LAUNCHING GERMAS

oleh


Ponorogo-HARIAN BANGSA
Wakil Bupati Ponorogo, Dr Drs H. Sudjarno, MM secara resmi melaunching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di alun-alun Ponorogo, Jum’at (25/08).
Didampingi oleh Forkopimda dan pimpinan SKPD, Wabup Sudjarno melepas balon ke udara dan melepas burung merpati sebagai simbol dilaunchingnya Germas di Kabupaten Ponorogo.
Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo, drg Rahayu Kusdarini, M.Kes menjelaskan bahwa Germas adalah tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama sama oleh seluruh komponen bangsa dalam menjaga kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup melalui Peningkatan aktivitas fisik, Peningkatan perilaku hidup sehat, Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, Peningkatan kualitas lingkungan, Peningkatan edukasi hidup sehat.
“Adapun tujuan dari Germas ini adalah meningkatkan kesehatan masyarakat dengan indikasi kesehatan terjaga, meningkatnya produktivitas, lingkungan bersih serta biaya berobat lebih berkurang”,ujar Kadinkes Rahayu.
Bentuk kegiatan yang kami lakukan dalam kampanye Germas adalah dengan sosialisasi ASI ekslusif, lomba balita sehat, sosialisasi di OPD, senam peregangan di sela-sela kegiatan kantor, peningkatan konsumsi buah dan sayur, kedepan akan kita intensifkan lagi dalam mengkampanyekan Germas di setiap lingkungan, pungkas Kadinkes Rahayu.
Sementara dalam sambutannya, Wabup Sudjarno kembali mengingatkan bahwa kesehatan adalah kebutuhan kita semua. “Untuk itu kita harus melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (germas) yang telah diintruksikan oleh Presiden kepada kita semua supaya seluruh masyarakat dapat hidup sehat”,ujar Wabup Sudjarno.

Untuk itu, saya menghimbau kepada seluruh pimpinan OPD, Camat dan seluruh pegawai kesehatan untuk memberikan contoh kepada seluruh masyarakat untuk mensukseskan Germas ini supaya masyarakat yang lebih sehat menuju Ponorogo yang berkemajuan, berbudaya dan religius, pungkas Wabup Sudjarno.
Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Ponorogo, Dyah Ayu Puspita menambahkan bahwa acara ini merupakan puncak kampanye Germas yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu. “Ini adalah start menuju masyarakat Ponorogo yang lebih sehat dengan program-program yang telah kita siapkan”,jelas Dyah Ayu.
Launching Germas diakhiri dengan senam bersama, makan pagi bersama dan pemeriksaan kesehatan di paseban alun-alun. (NOV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *