Polisi Tangkap 4 Pelaku Pencurian Kayu Pinus di RPH Ngrayun

oleh

PONOROGO, Madiunraya.com – Jajaran unit Reskrim Kepolisian Sektor Ngrayun menangkap empat tersangka pelaku illegal logging pencurian kayu pinus di RPH Ngrayun Ponorogo. Keempat tersangka yang ditangkap tersebut adalah riza ihwana,warga RT/RW 04/VII dari Dukuh Klitik Desa Temon Ngrayun, kemudian Samirin, RT/RW 01/II Dukuh Manggis, Desa Selur Ngrayun, Kabul dari Dukuh Tapen, Desa Temon, Ngrayun dan Yudi Setiawan warga Dukuh Manggis Desa Selur Ngrayun.

Berdasarkan keterangan anggota Polisi Hutan, Suyadi menuturkan bahwa awal ditemukannya kegiatan ilegal loging tersebut berawal pada Rabu (23/8/2017) sekitar pukul 16.30 WIB, pelapor atas nama Wanna Prasetya melaksanakan patroli ke kawasan hutan daerahnya dan mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa di petak 83C RPH Ngrayun di Dukuh Tapen, Desa Temon, Ngrayun ada orang yang sedang menebang pohon pinus.“Selanjutnya pelapor bersama kami melaksanakan pengecekan dan ternyata benar,”katanya, Jumat (25/8/2017).




Kemudian, kata Suyadi mengadakan pengamatan disekitar lokasi kayu pinus yang sudah berbentuk usuk, papan dan gelondongtersebut oleh pelaku di bawa ke tepi jalan, setelah sudah terkumpul semuanya pada pkl 21.30 wib kendaraan truk nomor polisi SE 8382 SD yang dikemudikan oleh Yudi Setiawan dan menaikkan kayu diatas truk bersama dengan pelaku yang lain.

“Setelah truk berjalan beberapa meter oleh petugas polhut di diberhentikan dan ditanyakan asal usul kayu tersebut dan dijawab oleh pengemudi dari kawasan hutan Tapen, Desa Temen, selanjutnya kejadiannya dilaporkan kepolsek Ngrayun,”katanya lagi.

Akibat kejadian tersebut, diketahui Perhutani mengalami kerugian sekitar Rp 7,54 juta. Polisi pun mengamankan barang bukti satu unit truk, satu mesin gergaji, 8 gelondongan kayu, 121 batang kayu dan 38 lembar bentuk papan kayu pinus. Selanjutnya keempat pelaku diamankan di mapolsek Ngrayun, guna proses penyidikan lebih lanjut. (GIN/MR01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *