Dinkes Sosialisasikan Inpres No 1 Tahun 2017 Tentang Germas

oleh
Kadinkes Rahayu Kusdarini membubuhkan tanda tangan komitmen hidup sehat, disaksikan Wabup Sudjarno dan Wakil Ketua TP PKK Tenri Agus Pramono
Kadinkes Rahayu Kusdarini membubuhkan tanda tangan komitmen hidup sehat, disaksikan Wabup Sudjarno dan Wakil Ketua TP PKK Tenri Agus Pramono

PONOROGO, Madiunraya.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo melalui bidang kesehatan masyarakat mensosialisasikan Intruksi Presiden nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Senin (21/08) di aula Bappeda.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Ponorogo, Dr Drs H. Sudjarno, MM, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, drg Rahayu Kusdarini, M.Kes, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo, Ny Tenri Agus Pramono, Camat se Kabupaten Ponorogo, dan insan kesehatan di Kabupaten Ponorogo.

Dalam sambutannya, Kadinkes Rahayu Kusdarini mengajak hadirin untuk mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang tertuang dalam Inpres no 1 tahun 2017. “Sebagai abdi negara kita harus memberikan contoh kepada seluruh masyarakat untuk berperilaku hidup sehat melalui Germas ini”, ujar drg Rahayu.

Hari ini kita mensosialisasikan gerakan masyarakat hidup sehat kepada ASN atau Aparatur Sipil Negara, yang memimpin OPD, Camat yang memimpin di wilayahnya dan insan kesehatan di UPT se Ponorogo, harapan kami untuk mengajak jajarannya serta lingkungannya untuk berperilaku hidup yang sehat, urai drg Rahayu.

“Sebagai langkah riil dan kelanjutan dari sosialisasi ini adalah dengan melakukan pencanangan bersama Bupati untuk hidup sehat, mengajak seluruh ASN beserta jajarannya untuk aktif mengikuti senam bersama yang diselenggarakan oleh Pemkab Ponorogo setiap hari Jum’at pagi yang juga diadakan pemeriksaan kesehatan gratis”,terang Kadinkes.

Selain itu, kita akan memasyarakatkan senam peregangan yang akan dilaksanakan setiap hari di kantornya masing-masing setiap pukul 10.00 dan 14.00. Jadi setiap pukul tersebut, apapun aktivitas yang dilakukan musik senam peregangan otomatis akan berbunyi dan setiap pegawai harus melakukan gerakan senam yang hari ini cd nya kami bagikan, lanjut Kadinkes.

Sementara dalam sambutannya, Wabup Sudjarno mengapresiasi program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan. “Seharusnya, tanpa Inpres pun kita harus berperilaku hidup sehat, dengan makan makanan bergizi, rajin olah raga, mengelola stres, dan mengatur pola hidup sehat”,ujar Wakil Bupati.

Jika kita sehat, maka yang merasakan nikmatnya adalah kita sendiri, untuk itu marilah kita bersama sama mensukseskan Germas ini dengan membawanya ke lingkungan kita masing-masing, pungkas Wabup Sudjarno.

senam peregangan setiap pukul 10 dan 14 di kantor masing masing OPD

Kepala Bidang Kesmas Dinkes Ponorogo, Dyah Ayu Puspita, S.Km, M.Kes menambahkan bahwa penambahan nutrisi buah dan sayur juga menjadi sasaran dari Germas yang harus terlaksana. “Sehingga kalau ada rapat dan kegiatan, akan kita tambahkan snakc atau makanan yang kaya akan buah dan sayuran, yang tentunya akan meningkatkan pemenuhan unsur mineral dan vitamin yang terkandung dalam buah dan sayuran”,urai Ayu, panggilan akrabnya.

Selain itu, untuk masyarakat umum kita terus mensosialisasikan Germas melaluk Posbindu, Posyandu dan Puskesmas yang ada. Selain mengatur pola hidup yang sehat, makanan yang bergizi, pemeriksaan kesehatan rutin, kita juga harus mensosialisasikan lingkungan yang sehat, diantaranya setiap rumah harus memiliki jamban dan mengatur sampah yang ada, pungkas Ayu.

Kegiatan sosialisasi Germas diisi dengan pemberian materi, penandatanganan komitmen hidup sehat dan senam peregangan bersama. (adv/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *