Koperasi Diharapkan Berperan Aktif Tingatkan Pertumbuhan Ekonomi Ponorogo

oleh

PONOROGO, Madiunraya.com – Memperingati Hari Koperasi ke 70 tahun 2017, insan koperasi di Kabupaten Ponorogo menggelar sarasehan dengan tema “Koperasi kuat menjamin pemerataan ekonomi mewujudkan keadilan sosial” bertempat di GOR Singodimejo, Sabtu (22/07).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Ipong Muchlissoni, Wabup Sudjarno, Ketua Dewan Koperasi Indonesia wilayah Jawa Timur, Tri Harsono, Kepala Dinas Perdagangan dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo, Addien Andhanawarih dan juga dihadiri ratusan pengurus koperasi di Ponorogo.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia, Karsono menyatakan bahwa ada 1000 koperasi yang ada di Ponorogo. “Acara ini juga didukung oleh koperasi koperasi yang ada di Ponorogo dengan melakukan iuran,”ujar Karsono.

Selain itu ada beberapa rangkaian acara dalam rangka memperingati HUT Koperasi ke 70 diantaranya jalan sehat dan pagelaran wayang kulit di Koperasi Sukorejo, lanjut Karsono.




“Kami berharap dengan adanya peringatan Harkop ke 70 akan semakin menggairahkan insan koperasi dalam menjalankan aktivitasnya sehingga tercipta koperasi yang sehat dan kuat sehingga mampu mensejahterakan anggotanya,”pungkas Karsono.

Sementara dalam pengangangkatan pengurus Dekopinda Ponorogo masa bakti 2017 – 2020, Priyono Budi Setiawan menjadi pucuk pimpinan Dewan Koperasi Indonesia.

Sementara dalam sambutannya, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni berharap koperasi di Ponorogo dapat memberikan peran yang aktif dalam membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Ponorogo.

“Selama setahun PPDB di Ponorogo berkisar 5 triliun. 2,2 triliun merupakan belanja pemerintah daerah, 1,8 triliun merupakan remittence TKI Ponorogo, sisanya belanja masyarakat, termasuk didalamnya ada belanja koperasi yang jumlah tepatnya ada 974 koperasi”, ujar Bupati Ipong.

Jumlah TKI yang besar menjadi potensi bagi Dekopinda jika ada koperasi yang mengelolanya, apakah bentuknya koperasi TKI atau yang lainnya, sehingga secara pelan namun pasti akan meningkatkan perekonomian masyarakat Ponorogo, sambung Bupati Ipong.

“Selamat hari koperasi dan mari bersama sama membangun Ponorogo dibidang kita masing-masing, koperasi kuat maka ekonomi kita semakin kuat”, pungkas Bupati Ipong.                        

Dalam arahannya, Ketua Dekopinda Provinsi Jawa Timur, Tri Harsono, menyampaikan bahwa koperasi sangat cocok dengan budaya Indonesia, untuk itu kita harus bersemangat dalam membangun dan berkarya dengan koperasi. “Koordinasi antara pelaku usaha, pemerintah dan masyarakat selaku konsumen harus ditingkatkan”, ujar Tri Harsono.

Selain itu kita harus memperhatikan kesehatan koperasi itu sendiri menuju koperasi yang kuat sehingga mampu mensejahterakan anggotanya, pungkas Tri Harsono. Acara dilanjutkan dengan sarasehan dan diakhiri dengan hiburan. (Gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *