PASAR MALAM LEBARAN SUMBANG PAD 280 JUTA

oleh

Ponorogo-madiunraya.com

Kegiatan Pasar Malam selama Lebaran 1438 H kemarin di alun-alun Ponorogo membuahkan hasil manis. Setidaknya dari sewa tanah kapling pedagang yang mengikuti pasar malam, Pemerintah Kabupaten Ponorogo menerima Pendapatan Asli Daerah (PAD) senilai 280 juta selama 20 hari pelaksanaan kegiatan tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabag Umum Pemkab Ponorogo, Edy Sucipto di ruang kerjanya beberapa waktu yang lalu usai penutupan pasar malam.

Menurut Edy, tahun ini ada peningkatan tarif sewa dari Rp 1000 per meter menjadi Rp 1.500 per meter. “Tahun ini ada 600 – 700 kapling untuk pedagang yang mengikuti kegiatan pasar malam lebaran, dengan total penerimaan kita mencapai 280 juta selama pelaksanaan pasar malam”, ujar Edy.

Penerimaan kita tersebut hanya dari sewa tanah, untuk instansi yang lain seperti Dishub yang mengelola parkir dan Dinas Lingkungan Hidup yang mengelola kebersihan juga mendapat pemasukan sendiri, sambung Edy.

“Dengan penerimaan tersebut kita sudah melampaui target yang dibebankan kepada kami sebagai pengelola alun-alun, dimana setiap tahun kita ditarget menyumbang PAD sebesar Rp 230 juta”,lanjut Edy.

Alhamdulillah selama pelaksanaan pasar malam kemarin tidak ada kendala yang berarti, semua pihak merasa senang dan tentunya merasakan hasil yang maksimal dalam kegiatan pasar malam tersebut, pedagang banyak yang untung dan tentunya masyarakat Ponorogo merasa puas dengan keberadaan pasar malam tersebut dan yang terpenting dapat menumbuhkan geliat ekonomi yang positif, pungkas Edy Sucipto.

Hal tersebut diamini oleh Zaenal, pengusaha hiburan Berkah Ria dari Klaten yang sudah puluhan tahun mengikuti pasar malam di alun-alun Ponorogo setiap tahun.

“Tahun ini sangat ramai mas, dari beberapa wahana kita, saat lebaran kemarin mampu meraih omzet 25 juta setiap harinya”, ujar Zaenal.

Begitu juga, Siti penjual sandal dari Madiun, “Setiap dua hari kita kulakan lagi mas, karena dagangan kita ludes”, ujarnya senang. (YAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *