Kepergok Hendak Maling Kotak Amal, Misdi Malah Tantang Warga Berkelahi

oleh

PONOROGO, Madiunraya.com – Ada – ada saja ulah pelaku pencurian jika aksinya kepergok warga. Seperti yang dilakukan oleh Misdianto, residivis pencurian kotak amal di Ponorogo.

Laki-laki 38 tahun ini nekat melawan warga yang memergoki niat jahatnya membobol kotak amal di Masjid Ar-Rohman, Tonatan, Ponorogo, Selasa (6/6) pukul 03.00 Wib.

Sesaat sebelum kejadian, tersangka datang ke masjid mengendarai sepeda pancal. Tiba di tempat kejadian perkara (TKP), Misdianto sedang menunggu kondisi sepi dengan pura-pura istirahat.

Setelah dirasa aman, Misdianto pun beraksi. Dia berusaha merusak gembok kotak amal itu. Namun aksinya keburu kepergok warga sekitar masjid.

‘’Saat itu ada warga yang melihatnya,’’ ungkap Kapolsek Ponorogo AKP Suyanto.

Suyanto menuturkan jika tersangka mencoba kabur saat aksinya diketahui orang. Tapi berhasil dicegat warga. Saat dimintai keterangan, Misdianto sempat mengelak. Dia malah menantang warga yang menuduhnya untuk berkelahi.




Karena jengkel, warga berteriak maling. Warga lainnya pun berdatangan ke TKP. Sebagian lainnya melapor ke Mapolsek Ponorogo.

‘’Warga tidak mau ambil risiko dan memilih melaporkannya,’’ terangnya.

Polisi yang datang ke TKP langsung menggelandang tersangka ke mapolsek tak jauh dari TKP. Hasil pemeriksaan, tersangka memang ingin mengambil uang di kotak amal tersebut.

Alasannya, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ini lantaran selama ini warga Kadipaten, Babadan, Ponorogo itu menganggur.

‘’Malam itu dia sudah berencana mencuri uang di kotak amal itu,’’ paparnya.

Tersangka juga mengaku pernah mencuri handphone, tas dan dompet jamaah di TKP yang sama. Misdianto juga seorang residivis dan pernah keluar masuk penjara lima kali.

Tersangka pernah dipenjara dengan kasus pencurian. Sementara barang bukti yang diamankan polisi satu unit sepeda pancal Phoenix biru putih, satu unit kotak amal dan sejumlah uang tunai. (tif/sat/jprm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *