Pasar Songgolangit Ponorogo Terbakar, Sumber Api dari Toko Berbahan Plastik

oleh

PONOROGO, Madiunraya.com –Pasar Songgolangit Kabupaten Ponorogo mengalami kebakaran pada Minggu (14/5/2017) sekitar pukul 20.15 WIB. Informasi yang dihimpun, api pertama kali muncul dari ujung selatan gedung pasar, tepatnya lokasi penjual kelontong yang didominasi penjualan berbahan plastik.

Petugas pemadam kebakaran pun terus berdatangan dengan mengendarai mobil pemadam kebakaran (damkar) dan melakukan pemadaman.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, pasar terbesar yang terleltak di Jalan Soekarno Hatta, Nologaten Kabupaten Ponorogo tersebut terbakar, dan hingga berita ini diturunkan, proses pemadaman masih dilakukan Pemadam Kebakaran.




Sebagai informasi, pasar Songgolangit sebelumnya adalah Pasar Legi. Selain menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari, keberadaan pasar tersebut juga penting dalam rangka menunjang kegiatan sistem koleksi–distribusi terhadap barang-barang kebutuhan penduduk dan beberapa komoditi pertanian yang dihasilkan oleh Kabupaten Ponorogo.

Awalnya, Pasar Songgolangit bernama Pasar Legi. Pasar Legi berdiri sekitar tahun 1827, hampir bersamaan dengan berdirinya Pasar Pon, Pasar Alon-alon, dan Pasar Gampingan. Letak Pasar Legi dipisahkan oleh Jalan Urip Sumoharjo, sehingga juga terdapat pemisahan jenis barang dagangan.

Pada tahun 1995, Pasar Legi mengalami kebakaran hebat yang mengalami kerugian miliaran rupiah. Pada tahun 1997, Pasar Legi kembali berdiri dan berganti nama menjadi Pasar Songgolangit. Kebakaran ini adalah kali kedua terjadi di kawasan pasar tersebut setelah sebelumnya pada tahun 1995 lalu pasar ini mengalami kebakaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *