Ngeri, Angin Kencang Tumbangkan Belasan Pohon di Ponorogo

oleh
Ilustrasi Puting Beliung
Ilustrasi Puting Beliung

PONOROGO, Madiunraya.com – Bencana alam angin kencang menyebabkan sejumlah pohon di dua jalan nasional, yakni Jalan Ponorogo-Pacitan, Desa Nailan, Kecamatan Slahung dan Jalan Ponorogo-Trenggalek, Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo, roboh, pada Senin (30/1/2017) sekitar pukul 18.00 WIB.

Diketahui, sejak Senin (30/1/2017) sore hingga petang, hujan deras disertai angin kencang mengguyur hampir di seluruh wilayah Ponorogo.

Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ponorogo, Setyo Budiono, saat dihubungi mengatakan sejumlah pohon roboh di wilayah Kecamatan Slahung, Sawoo, Badegan, Mlarak, dan Ponorogo.

Namun, dampak yang paling parah berada di wilayah Kecamatan Slahung dan Sawoo. Sebab di dua kecamatan itu, pohon yang tumbang menutup akses jalan nasional. “Hujan deras disertai angin kencang mengguyur hampir di seluruh wilayah Ponorogo dan mengakibatkan sejumlah pohon roboh,” kata dia Senin, (30/1/2017) malam dilansir laman Surya.




Budi menuturkan di Jalan Ponorogo-Pacitan, Desa Nailan, Kecamatan Slahung, sebuah pohon jati tumbang dan menutup akses jalan penghubung antar-kabupaten itu. Selain itu, di Jalan Ponorogo-Trengggalek di Desa Prayungan, Kecamatan Sawoo, sebuah pohon jati juga tumbang, melintang di tengah jalan.

Pohon yang roboh di Jalan Ponorogo-Trenggalek juga menimpa seorang pengendara motor.
Beruntung pengendara motor yang belum diketahui identitasnya itu hanya mengalami luka ringan akibat tertimpa ranting pohon.

Budi mengatakan, saat ini arus lalu lintas di Jalan Ponorogo-Pacitan dan Jalan Ponorogo-Trenggalek kembali normal setelah warga dan petugas dari BPBD membersihkan batang pohon yang melintang di jalan itu.”Sempat bikin macet. Namun, hanya beberapa menit saja, setelah itu kembali lancar,” kata Budi.

Budi mengimbau pengendara jalan agar tetap waspada dan berhati-hati saat melintas di dua jalan nasional itu, terutama saat hujan deras disertai angin. Sebab, menurutnya masih banyak pohon di tepi jalan yang sewaktu-waktu bisa roboh. Hingga Senin (30/1/2017) malam petugas BPBD Ponorogo dibantu warga masih melakulan kerja bakti untuk membersihkan jalan dari batang pohon yang melintang. (MR01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *