Pesinden Trenggalek Juara I Sinden Idol 2016, Ponorogo Raih Juara Harapan I

oleh
Juara I Sinden Idol 3 Unnes, Mambaul Hasanah saat menerima penghargaan dari Rektor Unnes. (Foto: unnes.ac.id)
Juara I Sinden Idol 3 Unnes, Mambaul Hasanah saat menerima penghargaan dari Rektor Unnes. (Foto: unnes.ac.id)

SEMARANG, Madiunraya.com – Kompetisi Sinden Idol 3 yang digelar oleh Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan didukung oleh Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unnes akhirnya melahirkan juara baru.

Dalam malam final yang digelar pada Minggu (18/12/2016) malam di Kampung Budaya Universitas Negeri Semarang (UNNES), Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang, Mambaul Hasanah (Ulul) pesinden asal Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur sukses menjadi juara I dalam kompetisi sinden tingkat nasional itu. Atas prestasinya, Ulul berhak mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp 20 juta.

Ulul berhasil  menyisihkan 10 pesaingnya diantaranya Eka Prihatiningsih (Sragen), Sri Sekar Rabulla (Jombang), Tri Utari (Ponorogo), Dita Intawati (Banyuwangi), dan Nugraha Pawesti (Semarang). Kemudian, Mayang Anjarsari dari Blora, Riris Kumalasari juga berasal dari Blora, Maya Yuanita (Kudus), Surati (Rembang).

Adapun untuk juara II diraih oleh Maya Yuanita dari Kudus yang tidak lain adalah mahasiswa sendratasik UNNES, juara III Riris Kumalasari (Blora), juara harapan I Tri Utari (Ponorogo), juara harapan II Eka Prihatiningsih (Sragen), dan juara harapan III Nugraha Pawestri (Semarang).

“Tidak menyangka bisa bisa memenangkan kompetisi ini, karena saya melihat yang lain saat audisi yang diselenggarakan memiliki suara yang bagus dan mumpuni dalam jagat sinden,”kata Ulul.

Lebih lanjut, Ulul menyebut bahwa kompetisi Sinden Idol memberi dampak positif terhadap jagat seni tembang Jawa. “Acara ini bisa menjadi pemicu bagi generasi muda untuk lebih giat dalam mempelajari kesenian,”tandasnya.




Sementara, Rektor UNNES, Fathur Rokhman menyatakan bahwa kampus UNNES mendukung setiap kegiatan pelestarian dan pengembangan terkait kebudayaan. “Sinden Idol merupakan bagian dari visi Unnes menjadi Universitas Konservasi,”ungkap Fathur.

Sebaga informasi, dalm acara puncak yang merupakan hasil kerja sama IKA UNNES, Setda Jawa Tengah dengan UNNES ini menghadirkan juri Waluyo (ISI Surakarta), Sutarmi (Semarang), dan Widodo (Unnes). Selain itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono juga didaulat menjadi juri kehormatan bersama Dekan Fakultas Ekonomi UNNES, Wahyono.

Kompetisi ajang pencarian bakat sinden muda Sinden Idol ini sudah memasuki penyelenggaraan yang ketiga. Adapun, materi-materi dalam audisi, di antaranya peserta diwajibkan “nembang” atau mempraktikkan teknik “sindenan” dan harus menjawab pertanyaan juri mengenai seputar dunia kesindenan.

Setelah babak audisi, sebanyak 10 finalis ajang “Sinden Idol 3″ berebut menjadi juara kompetisi sinden.”Ada 45 sinden yang mengikuti tahap audisi. Kami saring jadi 10 finalis untuk maju babak final,” kata Ketua Panitia Sinden Idol 3 Agus Nuryatin di Semarang.

Ia menjelaskan audisi sinden yang sudah ketiga kalinya digelar Unnes itu diikuti peserta dari berbagai wilayah di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ia menjelaskan sinden juga harus memiliki pengetahuan yang cukup sehingga bisa dijadikan sebagai panutan bagi lingkungan sekitarnya, baik dari sisi kemampuan maupun kehidupan sehari-hari.”Ajang ini (Sinden Idol, red.) tidak hanya diharapkan mampu menghasilkan sinden muda berbakat, namun juga sinden yang memiliki pengetahuan cukup sehingga mampu menjadi panutan,” katanya.

Selain itu, kata Agus, Sinden Idol diharapkan bisa menjadi barometer sinden muda berbakat yang mampu mengajak menanamkan nilai luhur budaya Jawa melalui olah seni dan kehidupan bermasyarakat. “Sinden Idol secara strategis tidak hanya menjadi ajang pencarian sinden yang mumpuni secara keterampilan menyinden, tetapi juga perilaku dan penghayatan nilai budaya Jawa,”ungkapnya.

Sinden Idol pertama kalinya digelar UNNES pada 2012 yang diikuti ratusan peserta. Lina Rohmiyati asal Wonogiri tampil sebagai juara I, sementara Sinden Idol 2 dijuarai Dhesy Purnawati, alumnus UNNES. (MR01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *