Baru Dibangun 2 Bulan, Jalan Utama di Panggul Retak Cukup Parah

TRENGGALEK, Madiunraya.com – Ruas jalan utama di Kabupaten Trenggalek rusak parah karena ada pergeseran tanah. Akibatnya, untuk sementara jalan tersebut tak bisa dilintasi semua jenis kendaraan.
Jalan yang rusak tersebut memiliki panjang 500 meter dan terletak di Desa Terbis, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek. Padahal, jalan baru dibangun 2 bulan yang lalu. Kepala Desa Terbis, Supardi, mengatakan, rusaknya jalan poros desa ini mulai terjadi sejak Minggu (10/12).
“Setelah hari Minggu itu, tanah terus bergerak dan retakan di jalan sebakin lebar dan banyak. Sekarang kondisi jalan sudah hancur berkeping-keping, untuk jalan kaki saja susah,” kata Supardi saat ditemui detikcom di lokasi jalan rusak, Kamis (15/12/2016). 
Jalan tersebut dibuat dengan dana dari APBD Trenggalek tahun 2016, sebesar Rp 700-an juta. Infrastruktur jalan ini menjadi akses utama warga untuk menuju daerah lain. Bahkan juga menjadi penghubung antara warga Kecamatan Panggul dengan Kecamatan Sudimoro, Pacitan. 




“Ini akses yang sangat penting bagi warga Terbis dan sekitarnya, ketika putus seperti ini maka harus memutar melalui jalur lain yang lebih jauh,” jelas Supardi. 
Ia menambahkan, pemerintah desa belum mengetahui rencana ke depan terkait jalan poros desa tersebut, pihaknya masih akan melihat perkembangan pergerakan tanah. 
Sementara itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pemerintah desa menutup akses jalan tersebut. Mengingat saat ini pergerakan tanah masih terusterjadi. Pihaknya khawatir apabila tiba-tiba terjadi longsor besar. (MR01/Detik)