PWI PERSIAPAN PONOROGO RESMI DILANTIK

Tidak ada komentar 141 views
Ponorogo-WWW.MADIUNRAYA.COM
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Persiapan Ponorogo resmi dilantik di Hotel La Tiban, Jum’at (11/11).
Hadir dalam acara tersebut Kabag Humas Pemkab Ponorogo, Joko Waskito, Wakil Ketua DPRD Ponorogo, Miseri Efendi, Kabag Humas Polres Ponorogo, AKP Darmanto, Dan Unit Intel Dim 0802/Ponorogo, Mashuri, pengurus PWI Jawa Timur dan segenap wartawan Ponorogo.
PWI Persiapan Ponorogo di gawangi oleh Hadi Sanyoto sebagai Ketua, Dili Istimora Eyato sebagai sekretaris, Endang Widayati sebagai sekretaris dan Siti Noor Aini serta Welas Arso sebagai penasehat.
Dalam pidatonya, Hadi Sanyoto menyatakan PWI di Ponorogo hadir sebagai semangat baru dalam mewadahi jurnalis sebagai media control terhadap pemerintah daerah. “Kami hadir sebagai control bagi pemerintah daerah, apabila semua berjalan on the track maka kami akan mendukung, namun jika bertentangan dengan kepentingan masyarakat umum, kami akan menyampaikan kritik yang membangun”, ujar reporter Radio Duta Nusantara ini.
Sementara menurut Wakil Ketua DPRD, Miseri Efendi, menuturkan,”Wartawan merupakan perpanjangan tangan dari aksi dan kegiatan yang dilakukan oleh eksekutif maupun legislative, jadi baik dan buruk nama Pemerintah tentu berdasarkan berita yang ditulis oleh para jurnalis, untuk itu kami meminta seluruh jurnalis yang diwadahi PWI dan wadah organisasi yang lain untuk selalu mendukung kebijakan pemerintah dan duduk bersama apabila ada masalah yang perlu dibicarakan”, ujar legislator Partai Demokrat ini.
Kami mendukung keberadaan PWI di Ponorogo untuk mendukung mewujudkan visi dan misi Bupati dalam mewujudkan Ponorogo yang berbudaya, nasionalis dan religious, pungkas Miseri Efendi.
Sementara menurut pengurus PWI Jawa Timur, Ainur Rohim,”Ada 3 lembaga yang diakui akreditasinya oleh Dewan Pers yaitu PWI, AJI dan IJTI, untuk itu PWI terus memperlebar sayanya di daerah-daerah dengan tujuan mengkontrol seluruh aktivitas jurnalis di lapangan, wartawan yang dinaungi oleh PWI akan mempunyai kompetensi yang memadai dalam kinerjanya di lapangan”, ujar pemilik BeritaJatim.com ini.
Untuk itu, berdasarkan informasi yang diberikan oleh Dewan Pers, tahun depan seluruh wartawan harus mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Jika seorang wartawan sudah dinyatakan kompeten maka akan diberikan sertifikat dan id card dari dewan pers sebagai bekal di lapangan, sambung Ainur Rohim.
“Harapan kami, semua jurnalis dapat bekerja maksimal sesuai dengan UU no 40 tahun 1999 tentang Pers, sehingga fungsi controlling dapat berjalan sesuai mestinya”, pungkas Ainur Rohim. (YAH)