GARA-GARA PERMENKES INI, SATU CALON HAJI PONOROGO GAGAL BERANGKAT

Ponorogo-MADIUNRAYA.COM
Peraturan Menteri Kesehatan (PERMENKES) nomo 15 tahun 2016, tentang istithaah kesehatan jamaah haji, yang berisi larangan berangkat bagi jamaah haji yang menderita penyakit gagal ginjal, liver, stroke berat, stres, depresi, membawa korban. SP, salah seorang calon jamaah haji asal Sampung, Ponorogo yang menderita gagal ginjal dan diharuskan cuci darah rutin, sehingga yang bersangkutan tidak diperkenankan untuk berangkat. Padahal yang bersangkutan sudah mempersiapkan segala sesuatunya.
KASI PHU, SUNTORO
Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenag Ponorogo, Suntoro, mengatakan,”Satu jamaah kita yang sudah mempersiapkan dokumen batal berangkat, karena beliau menderita gagal ginjal dan diharuskan cuci darah rutin. Meskipun terkesan mendadak, namun kita tetap patuh kepada aturan tersebut”, ucap Suntoro.
Aturan tersebut mulai berlaku tahun 2016 ini, meskipun yang bersangkutan sudah mengikuti manasik dan mengurus dokumen, tidak bisa kita berangkatkan. Mudah-mudahan beliau cepat sembuh, sambung Suntoro.
“Untuk jatah jamaah haji kita yang gagal berangkat tersebut dikembalikan ke kuota Jawa Timur, tahun depan yang bersangkutan apabila telah sembuh akan kita berangkatkan”, jelas Suntoro.
Kita mengkhawatirkan, apabila memaksa berangkat yang bersangkutan tidak bisa melakukan cuci darah dan membahayakan jiwanya, tutup Suntoro.

Sementara 353 Calon Haji akan berangkat menuju asrama haji Sukolilo  pada tanggal 11 Agustus mendatang dan bergabung dengan kloter dari Surabaya. (ag  1  n)