353 CALON HAJI PONOROGO BERPAMITAN

oleh
Ponorogo-madiunraya.com

Sebanyak 353 calon jamaah haji yang terdiri dari 146 laki-laki dan 207 jamaah perempuan dari Ponorogo berpamitan dengan pemerintah daerah, kabupaten Ponorogo di Pendopo Agung, Kamis (04/08).
Selain berpamitan, Kementerian Agama memberikan arahan-arahan yang harus dilaksanakan jamaah haji, dengan tujuan memperlancar segala sesuatunya.
Menurut Mahfud Ashari, Ketua Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji (P3H), “”Tahun ini jamaah haji termuda 30 tahun dan paling tua 88 tahun, berangkat dari alun-alun, hari Kamis (11/8/2016), sekitar 01.00. Dan pagi harinya sudah sampai di asrama haji. Pasport akan dibagikan di Surabaya”, ujar Mahfud.
Kemudian jamaah haji yang tidak bisa berangkat sebanyak 1 orang dikarenakan sakit parah, dan tidak bisa jalan, dari Dinas Kesehatan tidak memperbolehkan untuk berangkat haji, sambung Mahfud.
“Kita juga sudah siapkan obat-obatan, dengan tenaga medis sebanyak 2 orang dokter dan perawatnya, untuk mengantisipasi terganggunya kesehatan para jamaah”, lanjut Mahfud.
Sementara, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenag Ponorogo, Suntoro, agar menjaga kondisi tubuh karena perbedaan suhu yang sangat ekstrem.
“Kami harapkan jamaah lebih baik menyimpan tenaga saat tidak ada jadwal dengan beristirahat di hotel daripada keluar hanya untuk berjalan-jalan”, ujar Suntoro.
Di Arab Saudi, cuaca biasa berubah drastis, naik atau turun dalam hitungan jam. Suntoro menyebut, perubahan suhu bisa berkisar 10-15 derajat celsius. Saat ini, suhu di Arab Saudi 50 derajat celcius, terang Suntoro.
“Kita sudah siap berangkat, semoga Alloh melindungi dan memperlancar ibadah kita”, tutup Suntoro. (AG   1    N)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *