SAMBUT HARI JADI PONOROGO KE 520, BUPATI NYEKAR KE MAKAM BATHORO KATONG

oleh

Ponorogo-madiunraya.com

Mengawali rangkaian peringatan hari jadi Ponorogo yang ke 520 tahun, Bupati Ipong Muchlissoni beserta jajarannya ziarah kubur ke makam Bathoro Katong, Senin (01/08).

Bupati Ipong Muchlissoni didampingi oleh Wabup Sudjarno, Sekda Agus Pramono beserta Forpimda, Dandim, Kapolres, Kejari, Ketua Pengadilan, seluruh Kepala Dinas dan Ketua DPRD Drs H. Ali Mufty, S.Ag beserta Camat dan Lurah. Mereka kompak dengan pekaian warok yang mulai hari ini hingga 11 hari kedepan dikenakan oleh PNS di lingkungan Pemkab Ponorogo.

BUPATI IPONG SAAT BERZIARAH DI MAKAM PATIH SELO AJI

Dalam prosesi ziarah tersebut, rombongan di diantar oleh juru kunci makam yaitu mbah Sunardi. Dengan asap dupa yang mengepul, mereka mengumandangkan kalimat thoyibah dzikir dan tahlil. Usai berdoá mereka menabur bunga di pusara makam Bathoro Katong dan keluarganya serta para punggawa.

Bupati Ipong Muchlissoni menyatakan dalam wawancaranya,”Dalam rangka menyambut hari jadi Ponorogo yang ke 520, kita adakan ritual ziarah makam dengan tujuan mendoákan sesepuh pendiri Ponorogo dan penyebar agama Islam di Ponorogo”, ujar Bupati.

Kedepan kita akan mengelola situs budaya, termasuk makam para pendiri dan penyebar Islam di Ponorogo, kita harus selalu mengingat dan meneruskan perjuangan para leluhur kita. Jangan sampai kita “kepaten obor”, sambung Bupati.

“Tadi ada makam Bupati Ponorogo ke 11 yang hampir roboh, kita minta kepada Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga untuk di pugar dan kita rawat, harapannya situs makam leluhur bisa terawat dan bisa menjadi situs budaya”, harap Bupati.

KASUBBAG HUMAS PEMKAB SAAT ZIARAH MAKAM

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Ponorogo, Drh. H. Sapto Djamiko TR, MM, menyatakan,”Akan kami anggarkan untuk pemugaran makam, jika PAK tahun ini tidak memungkinkan, maka anggaran tahun depan yang kami gunakan, yang pasti program kerja DISBUDPARPORA, kita sesuaikan dengan visi dan misi Bupati, yaitu Ponorogo berbenah menuju Ponorogo berkemajuan, berbudaya, religius dan nasionalis”, pungkasnya. (YAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *