Gubernur Kumpulkan Daerah Peraih Piala Adipura

Tidak ada komentar 153 views

 SURABAYA, Madiunraya.com – Gubernur Jawa Timur Soekarwo mempertemukan para kepala daerah di wilayahnya yang meraih penghargaan berupa Piala Adipura dari Pemerintah Pusat di Pasuruan pada Kamis, 28 Juli 2016.

“Gubernur mengumpulkannya sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Kabupaten Pasuruan,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas dan Protokoler Provinsi Jawa Timur Mujib Affan kepada wartawan di Surabaya, Rabu kemarin, dilansir Antara.

Total ada 20 penghargaan yang diraih kepala daerah se-Jatim dan merupakan yang terbanyak dibandingkan provinsi-provinsi lainnya di Indonesia.

Penghargaan tersebut, kata dia, secara langsung diserahkan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di sela puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia (World Environmet Days) Tingkat Nasional Tahun 2016 di Halaman Istana Kabupaten Siak, Riau, Jumat (23/7).

Ke-20 Adipura tersebut akan bersatu dengan penghargaan tertinggi bidang lingkungan hidup yang berhasil diraih Provinsi Jawa Timur yakni penghargaan Nirwasita Tantra Award Tahun 2016 tingkat provinsi, serta Nirwasita Tantra Award Tahun 2016 tingkat kabupaten/kota yang diraih Kota Surabaya.

“Ini adalah kali pertama ke-20 Adipura, baik Adipura Paripurna (2 penghargaan), Adipura Kirana (10 penghargaan) dan Adipura Buana (8 penghargaan) bersanding bersama dengan penghargaan Nirwasita Tantra Award bersanding dalam satu kesempatan,” ucapnya.

Menurut dia, bersatunya penghargaan-penghargaan tersebut layaknya menggambarkan kekuatan Jawa Timur, khususnya dalam bidang lingkungan hidup. “Hal ini sekaligus membuktikan mampu membangun perekonomian, baik sektor industrinya, UMKM-nya, dan lainnya,” kata Asisten IV Sekdaprov Jatim tersebut.

Sementara itu, pada teknis pelaksanaan di Pasuruan nantinya, kata dia, Gubernur Jatim Soekarwo menyerahkan satu per satu piala kepada masing-masing kepala daerah peraih Adipura.

Ke-20 penghargaan tersebut yaitu berupa Nirwasita Tantra Award Tingkat Provinsi adalah Jawa Timur di peringkat pertama, kemudian berupa Nirwasita Tantra Award Tingkat Kota adalah Surabaya juga peringkat pertama.

Berikutnya, penerima Adipura Paripurna ada dua daerah yaitu Kota Surabaya dan Kabupaten Tulungagung, serta penerima Adipura Buana yakni Kota Pasuruan, Kabupaten Banyuwangi, Kota Blitar, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun dan Kabupaten Sumenep.

Selanjutnya, penerima Adipura Kirana masing-masing Kota Malang, Kota Madiun, Kabupaten Jombang, Kabupaten Sidoarjo, Kota Probolinggo, Kota Mojokerto, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Tuban.

Sedangkan, penerima penghargaan Adiwiyata Mandiri adalah SMP Negeri 7 Kabupaten Bondowoso, serta penerima Penghargaan Kalpataru Kategori Pejuang Perintis Lingkungan yaitu Gamal Abin Said.