Ribuan Muslim Ponorogo Gelar Aksi Damai Solidaritas Rohingya

oleh

PONOROGO, Madiunraya.com – Ribuan umat Islam di Ponorogo menggelar aksi damai sebagai wujud solidaritas atas penderitaan muslim Rohingya, Jum’at (15/9/2017) di alun alun Ponorogo.

Umat Islam Ponorogo yang terhimpun dalam FKUIB memulai aksi dengan orasi dari  para ulama yang intinya mengecam kesewenangan yang dilakukan oleh para biksu di Myanmar terhadap minoritas umat Islam Rohingya.

“Untuk itu, mari kita berikan infaq terbaik kita untuk saudara saudara kita di Rohingya, karena mereka butuh obat, makan dan tenda,”kata Sudikno dari Dewan Masjid Muhammadiyah.

“Selain itu kita meminta agar Allah SWT menghinakan musuh musuhnya dan memberikan kejayaan bagi umat Muslim,”imbuhnya.




Sudikno, mewakili ribuan massa yang ikut tersebut juga mengutuk kekejian umat Budha terhadap Umat Islam Rohingya. Selain itut, massa meminta agar PBB segera turun tangan untuk membantu etnis Muslim Rohingya.

Massa juga meminta kepada pemerintah Myanmar untuk mengembalikan hak kewarganegaraan kepada etnis Rohingya seperti yang pernah di lakukan pada tahun 1951.

“Kami mendesak Pemerintah Indonesia untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Myanmar dan mendesak kepada negara negara di ASEAN untuk mengeluarkan Myanmar dari keanggotaannya di ASEAN karena pelanggaran berat yang dilakukan negara itu,”pungkasnya.

Selain orasi juga dilakukan penggalangan dana yang berhasil mengumpulkan uang sejumlah Rp 52 juta. (GIN/MR01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *