Piala AFF U18: Indonesia Dikalahkan Vietnam Tiga Gol Tanpa Balas

oleh

YANGON, Madiunraya.com – Tim nasional Indonesia U-19 secara mengejutkan takluk dari tim kuat lainnya, Vietnam 0-3 dalam laga ketiga Grup B Piala AFF U-18 2017.

Bertanding di Thuwunna Stadium, Senin (11/9/2017), ancaman pertama langsung dilepaskan Vietnam. Crossing dilepaskan dari sisi kanan pada menit pertama, namun kiper Muhamad Riyandi bisa menangkapnya.

Ancaman kedua Vietnam datang semenit berselang. Bola liar bergulir ke kotak penalti, dengan Le Van Nam mengejarnya. Bola bisa disapu, namun Riyandi jadi tertabrak striker Vietnam. Indonesia coba keluar dari tekanan. Egy Maulana Vikri beberapa kali merepotkan lini pertahanan Vietnam dengan skill individunya. Namun belum ada yang membahayakan gawang lawan.

Di menit 14, Le Quang Vinh melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun bola belum mengarah ke gawang Indonesia. Indonesia membalas di menit ke-17, Egy yang melihat pergerakan Saddil Ramdani mengirim bola dari sisi kanan. Bola rupanya lebih dulu ditangkap kiper Y E Li Ni E.




Memasuki menit ke-25, perebutan bola lebih banyak bergulir di tengah. Pressing ketat yang dilakukan Vietnam membuat Indonesia cukup kesulitan mengirim bola ke depan. Di menit ke-30, Vietnam menebar ancaman lagi di kotak penalti Indonesia. Memainkan bola terlebih dahulu, sepakan mendatar sang kapten, Pham Van Luan, cuma melebar ke sisi kanan.

Di menit 32, Indonesia mendapat tendangan bebas. Tapi sepakan Saddil Ramdani bisa diblok pagar betis Vietnam. Semenit berselang, tendangan Muhamad Luthfi juga masih melayang ke atas mistar gawang lawan.

Pelanggaran Nurhidayat dekat kotak penalti membuat Vietnam mendapat tendangan bebas dari posisi yang cukup ideal pda menit 35. Sepakan Le Van Xuan yang menjadi eksekutor bisa ditepis Riyandi. Sepak pojoknya kemudian juga bisa diredam. Aksi itu membuat Riyandi cedera dan digantikan Muchamad Aqil Savik di menit 38.

Di menit ke-40, Vietnam unggul 1-0. Berawal dari sepak pojok yang berbuah kemelut, Le Van Nam merobek gawang Aqil dengan tendangan keras di dalam kotak penalti. Tiga menit berselang, Indonesia punya kans menyamakan kedudukan. Umpan menyilang dari sisi kiri diterima Rifad Marasabessy di sisi kanan. Namun tendangannya bisa diblok kiper Vietnam.

Vietnam justru bisa melebarkan keunggulan di menit 45. Le Van Nam kembali menjadi momok, dengan sundulannya membelakangi gawang membuat bola bergulir ke tiang jauh yang tidak mampu dijangkau Aqil. Skor 2-0 untuk Vietnam menutup babak pertama.

Setelah turun minum, Indonesia mencoba bermain lebih baik lagi dengan melakukan pergantian sejumlah pemain, seperti Witan. Umpan-umpan pendek masih diperagakan Rahmat Irianto untuk menguasai pertandingan. Egy berhasil melewati dua pemain, tetapi dihentikan pemain ketiga. Peluang kembali didapatkan, Tembakan jarak jauh Luthfi melebar dari sisi gawang.

Dibabak kedua ini, pertahanan Vietnam yang lebih menunggu datangnya bola, membuat Indonesia hanya bermain bola di areanya sendiri. Menit ke 79, Witan kembali memperoleh peluang, tetapi tandukannya memanfaatkan umpan Simanjuntak mengarah tepat ke kiper.

Disaat asyik menyerang, pada menit ke 86 Bui Hoang lepaskan tandukan ke sudut gawang! Indonesia 0-3 Vietnam. Indonesia tidak mampu lepas dari tekanan Vietnam yang bermain rapat dan disiplin sepanjang laga. Dengan hasil ini, Indonesia wajib menang dalam laga terakhir kontra Brunei Darussalam.

Susunan Pemain

Indonesia U-18: Muhamad Riyandi (Muchamad Aqil Savik 38′)), Firza Andika (Simanjuntak 77’), Nurhidayat Haris, Rachmat Irianto (c), Rifad Marasabessy, M Luthfi Kamal, Saddil Ramdani, Syahrin Abimanyu, Egy Maulana, Muhammad Iqbal, Hanis Saghara (Witan56’)

Vietnam U-18: Y E Li Ni E, Thai Ba Sang, Bui Hoang Viet Anh, Lieu Quang Vinh, Pham Van Luan (c), Le Van Xuan, Tran Van Cong, Tran Bao Toan, Truong Tien Anh, Le Xuan Tu, Le Van Nam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *