HEBOH, KIRAB BUDAYA DESA TUGUREJO

Tidak ada komentar 45 views


Ponorogo, Madiunraya.com
Ribuan masyarakat Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung Ponorogo memenuhi jalanan menuju Balai Desa Tugurejo. Hari ini, Ahad, 27 Agustus 2017, desa yang dipimpin Ki Demang Bagong Siswanto punya gawe besar, yaitu rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 tahun, Kirab Budaya dan Ruwat Desa.
Menurut Ki Demang Bagong Siswanto, kegiatan yang sudah dimulai 2 minggu yang lalu ini bertujuan untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan RI yang sudah dirasakan selama 72 tahun. “Selain itu kita juga melakukan kirab budaya dengan mengarak gunungan hasil bumi berupa sayur mayur, palawija dan buah buahan sebagai tanda terima kasih kita kepada bumi yang telah memberikan anugerah kehidupan kepada masyarakat Desa Tugurejo, pentas kesenian reyog, jaranan dan hiburan lainnya juga kita suguhkan untuk seluruh warga Desa Tugurejo dan sekitarnya”,jelas Ki Demang Bagong Siswanto.

Malam harinya kita mengadakan kirab obor, kirab 20 ingkung dan puncaknya dengan menggelar pentas wayang kulit semalam suntuk di halaman SDN Tugurejo 2 sekaligus menyerahkan bangunan gedung SD Tugurejo 2 yang kemarin terdampak tanah bergerak dan atas bantuan semua teman-teman kita dapat membangun kembali gedung sekolah, urai Ki Demang Bagong Siswanto.



“Harapan kami, dengan kegiatan yang kami lakukan secara kompak, kerja sama seluruh elemen masyarakat dapat menjadikan bumi Tugurejo yang subur, makmur, masyarakatnya guyub rukun dan jauh dari malapetaka menuju rahayuning bumi Tugurejo dan bersama kita bisa”,tegas Ki Demang Bagong Siswanto.
Selain itu, kita mengharapkan nantinya kegiatan ini dapat menjadi destinasi wisata budaya yang akan meningkatkan perekonomian warga Desa Tugurejo khususnya dan Ponorogo pada umumnya, pungkas Ki Demang Bagong Siswanto.
Sementara menurut salah satu penonton, Eko, warga Desa Wates, dirinya kagum dengan kebersamaan yang dilakukan warga desa tetangganya tersebut. “Luar biasa sekali, saya baru melihat kemeriahan dan kehebohan di Tugurejo ini mas, rangkaian yang lama dan puncaknya ini sangat ramai sekali, kira kira ada 10 ribuan penonton mas”, ujarnya kagum.