Bulan Longkang, Masyarakat Ponorogo Gelar Bersih Desa

oleh

PONOROGO, Madiunraya.com – Memasuki bulan jawa  Longkang, masyarakat desa di Ponorogo menggelar kegiatan bersih desa dengan model yang berbeda.

Ada desa yang menggelar pentas budaya seperti reyog, gajah gajahan, kebo kebonan, jaranan thek dan seni yang lain.

Lain lagi model bersih desa di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, masyarakat di desa tersebut melakukan bersih desa dengan cara yang sederhana. Usai melakukan bersih bersih di lingkungan desanya, masyarakat setempat berkumpul di masjid masjid atau mushola dengan membawa ingkung atau ayam kampung yang dimasak bersama dengan nasi uduk.




Menurut, Saiful Khomari, warga setempat yang menuturkan bahwa kegiatan bersih desa merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. “Setelah melakukan bersih bersih di lingkungan masing-masing, kami berkumpul dengan membawa ingkung per kk satu ingkung,”ujarnya, Ahad (06/08).

“Makna kegiatan ini adalah meningkatkan silaturahmi sesama warga, selain itu meningkatkan kerukunan antar warga,”sambung Saiful Khomari.

“Setiap bulan longkang atau selo seperti ini setiap desa merayakan bersih desa dengan caranya masing-masing dengan maksud bersyukur atas nikmat yang telah diraih, menjauhkan balak atau malapetaka dan memohon kemakmuran serta kesejahteraan,”pungkas Saiful. (GiN/MR01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *