Rutan Ponorogo Kembalikan Sisi Kemanusiaan Warga Binaan

Nanang salah satu penghuni Rutan Ponorogo. (Foto: Yahya/Madiunraya)

PONOROGO, Madiunraya.com – Rumah Tahanan Ponorogo (Rumpon) yang saat ini menampung 176 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terus melakukan upaya yang serius guna mengembalikan sisi kemanusiaan penghuninya. Hal tersebut disampaikan oleh Taufiqul Hidayat, Kepala Pelayanan Tahanan Ponorogo, Sabtu (29/7/2017) di Rumpon, Jalan Soekarno Hatta No.47, Banyudono, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo.

Menurut pria asli Madura ini, semua program telah disusun guna mengembalikan sisi kemanusiaan Napi dan Tahanan. “Ibaratnya, Napi dan Tahanan merupakan sosok yang kehilangan arah sehingga tersesat, nah fungsi rutan adalah mengembalikan arah dan tujuan mereka,”katanya.

Hal tersebut diamini oleh salah satu tahanan, Nanang Wibowo, mantan wartawan salah satu media nasional tersebut mengaku lebih dekat dengan Allah SWT saat menjalani hukuman di Rutan Ponorogo tersebut.

“Alhamdulillah sholat 5 waktu mau tidak mau harus dilaksanakan disini, selain itu kegiatan pengajian juga terus dilaksanakan. Mungkin ini hikmah saya masuk ke Rutan Ponorogo ini, saya merasa lebih dekat dengan Alloh SWT,”tukasnya.




Dia mengungkapkan bahwa dirinya merasa tenang karena banyak kawan dan petugasnya bertanggung jawab dalam melayani para WBP.

“Dari sisi kesehatan kami juga diperhatikan sekali, makanan yang di berikan juga sangat bergizi dengan lauk telur dan daging, setiap pagi kami juga senam bersama dan kalau Jum’at kami dihibur musik dangdut,”katanya lagi.

Nanang berharap setelah keluar di Rumpon dirinya terus bisa dekat dengan Alloh SWT. “Selama ini saya hanya mengejar duniawi saja, mungkin dengan tertimpa kasus ini saya dapat terus dekat dengan sang maha pencipta,”pungkasnya. (GIN/MR01)