PERINGATI HARI LANSIA, DINKES PONOROGO GELAR SENAM DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN

oleh


Ponorogo-HARIAN BANGSA
Memperingati Hari Lansia Nasional ke 21, tanggal 17 Mei, Dinas Kesehatan Ponorogo melalui bidang Kesehatan Masyarakat menggelar senam bersama dan pemeriksaan kesehatan di halaman Gedun Terpadu, Rabu (17/05)
Acara yang berlangsung semarak tersebut dihadiri Wakil Bupati Ponorogo, Sudjarno yang juga Ketua Komisariat Daerah Lansia Ponorogo, Kepala Dinas Kesehatan, Rahayu Kusdarini, Kepala Dinas Pendidikan, Tutut Erliena, dan seluruh jajaran Dinas Kesehatan serta puluhan lansia di Ponorogo.
Peringatan Hari Lansia Nasional ini bertemakan “Ayoo Giatkan Germas untuk wujudkan lansia yang sehat dan produktif”.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo, Rahayu Kusdarini yang menyatakan bahwa seiring semakin meningkatnya taraf kesehatan masyarakat maka semakin banyak jumlah lansia yang ada. “Dari sejumlah lansia yang ada yaitu 15 % dari total populasi penduduk maka Dinas Kesehatan memberdayakan para lansia melalui kegiatan-kegiatan seperti posyandu lansia yang bertujuan membuat para lansia tetap mandiri dan tidak menjadikan beban bagi keluarganya”,ujar Rahayu.
Selain itu diharapkan para lansia tetap sehat dan produktif, adapun kegiatan di posyandu lansia adalah dengan deteksi dini terhadap penyakit seperti gula, tekanan darah serta kita ajarkan dalam menjaga kebugaran dan kesehatan. Dari sisi mental, dengan bertemu sesama lansia akan membuat para lansia tetap ceria dan kita ajarkan senam, mengatur pola makan yang sehat dan pola istirahat, sambung Rahayu.
“Sehingga diharapkan para lansia tatap sehat, bugar, produktif dan ceria. Untuk Ponorogo di tahun 2017, hampir semua desa memiliki posyandu lansia”, pungkas Rahayu Kusdarini.
Sementara menurut Komda Lansia Ponorogo yang juga Wakil Bupati Sudjarno mengapresiasi kegiatan yang digelar Dinas Kesehatan tersebut. “Kita akan terus mengaktifkan posyandu lansia yang membuat kesehatan lansia tetap terjaga, selain itu kita juga menambahkan supaya para lansia juga peduli. Peduli yang dimaksud adalah peduli terhadap sekitar, apalagi lansia ini merupakan sosok yang sangat pengalaman dalam mengarungi kehidupan sehingga diharapkan mampu memberikan nasehat yang bijak kepada generasi muda”, ujar Wabup Sudjarno. (YAH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *